oleh

Monyet di Situs Patiliasan Sunan Kalijaga Menghabiskan Lebih Dari 30 Kilogram Buah

Citrust.id – Dalam sehari pakan monyet di situs bersejarah Patilasan Sunan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, mampu menghabiskan lebih dari 30 kilogram buah.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Bambang, salah seorang pengurus Situs Makam Sunan Kalijaga kepada citrust.id saat ditemui di lokasi setempat, Kamis (29/11/2018).

“Itu kita batesin perharinya, kalau tidak ya dalam sehari bisa 50-100 kilogram,” ungkap Bambang.

Dirinya menyampaikan, buah yang menjadi pakan monyet sudah diatur terkait menu di setiap harinya. Hal itu dilakukan guna memenuhi kesimbangan nutrisi para monyet.

“Kita sudah kerjasama dengan toko, tinggal telepon aja kirim pakan nanti terkait biaya sudah dihendel oleh Pemkot,” kata dia.

Lebih lanjut Bambang menjelaskan, pihak pengunjung turut membantu dalam pemberian pakan. Mereka sering membawa semisal kacang atau pisang untuk diberi kepada monyet-monyet di situs wisata setempat.

Disinggung terkait bahaya pengunjung yang memberikan makanan tidak sehat kepada monyet-monyet, dirinya tidak terlalu khawatir. Dikatakan Bambang para monyet bisa memilah sendiri makanannya.

“Kalau misal ada makanan yang busuk atau yang aneh mereka enggan memakannya,” tandas dia.

Jumlah monyet di palitasan setempat selalu berjumlah 100 ekor. Hal itu sudah menjadi mitos yang melekat, bahwa jumlah para monyet tidak pernah bertambah ataupun berkurang./dhika

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed