oleh

Momen Hari Pahlawan, Ini Lima Prinsip Kepemimpinan Menurut Jahari

Citrust.id -Calon anggota legislatif (Caleg)DPRD dari partai PDI Perjuangan Kab. Cirebon, Jahari, mengungkapkan bahwa salah satu poin penting memperingati hari pahlawan adalah bisa mewarisi semangat dan nilai-nilai para pahlawan nasional.

“Salah satunya adalah nilai-nilai kepemimpinan,” ujar caleg nomor urut 1 untuk Dapil Kecamatan Dukupuntang, Sumber, Plered, Weru, Plumbon.

Ia mengungkapkan, jiwa kepemimpinan harus terus dilatih dan tentunya butuh kerja keras. Setidaknya ada empat prinsip dasar kepemimpinan yang sangat penting.

“Yang harus difahami, pertama kepemimpinan bukan teori tetapi tindakan. Karena tindakan akan menunjukan bagaimana seharusnya seorang pemimpin menunjukan perannya,” ujar pria berkacamata ini dengan nada meyakinkan.

Kemudian, yang utama dari kepemimpinan adalah kepedulian. Karena tanpa kepedulian seorang pemimpin tidak akan mampu memimpin orang lain dengan optimal.

“Yang berikutnya, kepemimpinan adalah pengaruh. Jika pengaruh anda kurang sebagai pemimpin, anda harus instropeksi diri karena pasti masih ada yang kurang dari diri anda,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Jahari, pemimpin adalah role model, Suri Tauladan, yang setiap tindakan dan bahkan apa yang diucapkan dan dipikirkan berpengaruh dan diikuti oleh banyak orang.

“Hal demikian bisa menjadi beban, bisa juga modal untuk menciptakan hal baik di masyarakat. Tergantung cara kita menanggapinya,” terangnya. /citrust.id

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed