oleh

Meski Derita Batu Ginjal, Nursama Masih Bisa “Mbecak” Berkat JKN-KIS

Citrust.id – Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan BPJS Kesehatan sejak tahun 2014 sangat membantu oleh Nursama, 58 tahun, warga Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon.

Nursama merupakan peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan kategori peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI). Dalam kesehariannya, ia berprofesi sebagai tukang becak di wilayah Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon.

Nursama merasa terbantu atas terselenggaranya program JKN-KIS dengan baik. Sebelum adanya program JKN-KIS, ia merasa khawatir apabila sakit. Biaya perawatan dan pengobatan yang harus dikeluarkan cukup besar. Akan tetapi, semenjak terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, ia merasakan banyak manfaat perlindungan kesehatan.

Saat sakit ringan, Nursama terbiasa menggunakan kartu JKN-KIS nya untuk berobat di Puskesmas Kalijaga Permai tempat ia terdaftar. Ia juga kerap merasakan manfaat program JKN-KIS di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).

Nursama pernah menjalani operasi dan perawatan akibat menderita penyakit batu ginjal yang diderita semenjak beberapa tahun lalu. Anak pertamanya juga pernah merasakan manfaat program JKN-KIS untuk proses persalinan caesar. Selain itu, cucunya pernah dirawat di rumah sakit akibat demam berdarah.

“Saya dan keluarga amat terbantu karena seluruh biaya perawatan termasuk obat dan tindakan medis lainnya ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Kami pun menerima pelayanan kesehatan yang sangat baik dan ramah dari rumah sakit,” ujarnya.
Nursam juga berterimakasih kepada kepada pemerintah dan BPJS Kesehatan karena telah menjalankan program JKN-KIS dengan baik.

“Semoga program JKN-KIS dapat membantu seluruh lapisan masyarakat, terutama masyarakat menengah ke bawah agar memperoleh jaminan perlindungan kesehatan,” ungkapnya. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed