oleh

Mesin ATM Pertama di Inggris Dipercantik dengan Balutan Warna Emas

Citrust.id – Anda tahu, bahwa ternyata mesin ATM itu sudah dibuat puluhan tahun yang lalu, karena mesinnya tersebut sampai dengan sekarang masih ada di cabang bank Barclays, Enfield, London Utara, yang sudah muncul tahu 1967. Dan sekarang mesin Tua ATM tersebut telah dipercantik dengan balutan warna emas.

ATM dibuka pada 27 Juni tahun 1967, dan kala itu ada enam mesin ATM yang dipesan oleh pihak bank, dan salah satu aktor Inggris, Reg Varney yang membintangi acara komedi TV Inggris “On The Buses” merupakan orang pertama yang menarik uang tunai dari mesin ATM tersebut. Dan untuk memperingati ulang tahun mesin ATM tertua itu, diubah menajadi emas, dengan menambahkan plakat peringatan dan menepatkan karpet merah di depan untuk para penggunananya, di wartakan Detik (10/05/2018).

Diketahui sebelumnya, Pada awal kehadiran ATM, faktor kecepatan, integrasi atau desain komunikasi menjadi salah satu fokus utama, istilah populernya adalah real-time. Salah satu Bank yang mulai mengembangkan sistem real-time ini adalah Bank penyimpanan Swedia yang bekerja sama dengan IBM pada tahun 1968. Di era 1970-an hingga awal 1980-an beberapa Bank di Inggris dan para ahli IBM mulai mengembangkan sistem yang menjadi cikal bakal sistem ATM saat ini.

Perusahaan perusahaan yang mewarnai perkembangan industri dan inovasi ATM adalah Spyetec-Burroughs, Chubb (Inggris), Docutel dan Diebold, De La Rue (Amerika), Omrom Tateisi (Jepang), menjadi pelopor dalam perkembangan teknologi ATM. Perusahaan-perusahaan tersebut bekerja sama dengan IBM untuk melahirkan fitur-fitur ATM seperti PIN dan dari sisi softwarenya. Sementara itu perusahaan NCR dan Diebold berperan dalam inovasi seperti mengubah ukuran ATM lebih kecil dan multifungsi. Multifungsi itu antara lain sistem pengeluaran uang yang horizontal sehingga mengurangi kemacetan dan fungsi transfer serta informasi saldo. Kini, seiring dengan jumlah Bank serta frekuensi transaksi keuangan yang tinggi dan kebutuhan mesin ATM di dunia, maka muncul perusahaan-perusahaan perakitan ATM yang baru seperti : Honeywell (Amerika), Phillips Olivetti dan Siemens-Nixdorf/Wincor (Eropa), Fujitsu, GRG, Hyosung, dan Hitachi (Asia). /sw

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed