oleh

Menhub: Perpanjangan Runway Bandara Kertajati Selesai Akhir Tahun

Citrust.id – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menjelaskan, Bandara Kertajati memiliki kapasitas hingga 5 juta penumpang per tahun dengan pergerakan pesawat sebanyak 200 pergerakan per hari, dan perpanjangan runway menjadi 3000 meter ditargetkan selesai akhir tahun 2018.

“Kalau penumpang satu tahun kira-kira 5-6 juta, kalau movement kira-kira 200 movement per hari. Ini nanti PT Angkasa Pura II akan membangun (perpanjangan runway) dalam tahun ini. Akhir tahun ini akan selesai untuk 3000 meter, jadi saya kira tidak ada masalah semua ini dalam proses yang kita jalan semua,” kata Menhub Budi Karya Sumadi, saat mendampingi penerbangan Perdana Presiden Jokowi ke Bandara Kertajati, Kamis (24/05).

Menhub Budi Karya menegaskan, penerbangan komersial akan dimulai pada 8 Juni 2018.

“Beroperasinya tanggal 8 Juni 2018 tapi bisa juga maju, tanggal 8 Juni 2018 sudah dijadwalkan tapi bisa maju pada akhir Mei 2018. Maskapai yang sudah tercatat ada 3 diantaranya Citilink, Lion Air, dan Wings Air. Rutenya Surabaya, ada yang ke Denpasar juga tapi ini lagi kita atur mungkin bukan 2 atau 3 mungkin bisa 6 lebih,” kata Budi Karya.

Selain penerbangan komersil, Menhub berharap penerbangan haji juga akan dilakukan melalui Bandara Kertajati dengan dilakukannya perpanjangan runway menjadi 3000 meter. /abduh

Info Seminar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed