oleh

Menhub: Jumlah Pemudik yang Naik Pesawat Terbang Meningkat Tajam

Citrust.id – Dalam kunjungannya ke Terminal Harjamukti, Kota Cirebon, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, selain meninjau posko mudik juga mengecek bus angkutan lebaran, Selasa (12/6).

Setelah menyapa para penumpang, Menhub melakukan pengecekan surat-surat kendaraan hingga kondisi ban angkutan lebaran.

“Kami sengaja melakukan pengecekan terhadap angkutan mudik guna memastikan bus aman untuk digunakan,” katanya.

Dikatakan Menhub, jumlah kendaraan mudik tahun ini turun hingga 40 persen. Bahkan, jumlah kecelakaan pun menurun. Meski demikian, petugas tetap berjaga dan menghimbau pemudik istirahat setiap tiga jam untuk menghindari kecelakaan lalu lintas.

Menhub Budi memprediksi jumlah pemudik akan terus mengalami kenaikan hingga H-2 dan H-1.

“Prediksi hari puncak arus mudik masih belum terlihat. Mungkin besok,” jelasnya.

Ia mengaku tidak menyangka, pemudik yang menggunakan transportasi udara atau pesawat terbang mengalami kenaikan hingga 14 persen. Padahal sebelumnya, Kementrian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi kenaikan transportasi udara hanya sembilan persen.

Ada beberapa angka yang mengalami penurunan dan kenaikan. Kendaraan pribadi roda dua dan roda empat turun. Sementara arus lalu lintas di sejumlah tol lancar, kepadatannya pun turun.

“Saya minta kepada seluruh pemudik untuk lebih berhati-hati. Jika memang sudah mengantuk lebih baik ambil istirahat untuk menghindari hal-hal yang negatif,” pungkasny. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed