oleh

Menhub: Cirebon Akan Jadi Daerah Tumpuan Program Mudik Bersama

Citrust.id – Pada Kuliah Umum dan Dialog Nasional bertajuk “Pembangunan Infrastruktur Transportasi di Jawa Barat Untuk mendukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional” di Unswagati, Menteri Perhubunga Budi Karya Sumadi, mengatakan, pembangunan di Indonesia tidak terlepas dari program Nawacita yang digagas Jokowi-Jusuf Kalla.

Budi mengungkapkan, salah satu mandat Kementerian Perhubungan adalah membuat konektivitas antara satu tempat ke tempat lain. Di Jawa Barat, banyak yang telah dilakukan Kementerian Perhubungan, misal membangun Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka. Jika sudah beroperasi, keberangkatan jemaah haji bisa langsung dari BIJB.

“Pemerintah Indonesia membangun BIJB agar masyarakat mendapatkan layanan transportasi udara yang baik,” katanya, Minggu (20/5).

Selain itu, lanjut Budi, menghadapi lebaran tahun ini, Kementerian Perhubungan akan menggelar program Mudik Bersama. Program tersebut dicanangkan dengan semangat guyub rukun. Dalam program Mudik Bersama, Cirebon akan jadi daerah tumpuan konektivitas antara Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Solo.

“Saya akan kembali ke cirebon untuk mengawal Mudik Bersama,” ungkapnya.

Berdasarkan riset yang telah dilakukan Kementerian Perhubungan, imbuh Budi, sebanyak 75 persen total kecelakaan mudik melibatkan sepeda motor. Untuk itu, ia menyarankan masyarakat mudik menggunakan angkutan umum. Selain itu, bijaklah dalam memilih hari mudik.

“Hindari kepadatan arus mudik. Jangan mudik pada H-2 atau H-3 lebaran. Lebih baik mudik pada H-5, H-6 atau H-7 lebaran,” pungkasnya. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed