oleh

Mengisi Liburan Tahun Baru di Kota Cirebon

aitrades

Foto: id.wikepedia.org

Citrust,id – Cirebon adalah Kota pesisir di jalur Pantura yang sangat terkenal dengan berbagai kultur dan alamnya yang khas. Selain terdapat wilayah laut, di Cirebon pun terdapat wilayah pertanian dan dekat dengan pegunungan wilayah Kuningan. Hal ini menjadikan Cirebon menjadi kota tersendiri bagi para wisatawan yang mengunjunginya.

Selain itu, Cirebon juga sangat terkenal dengan tempat bersejarahnya melalui bangunan-bangunan tuanya yang mempunyai keunikan gedung-gedung peninggalan masalah laluyang kuno juga terkenal dengan Kuliner dan produk lokalnya yang khas beraroma kecirebonan.

Semisal anda bingung untuk memahami dan ingin menjelajahi Cirebon pada liburan tahun baru kali ini, maka silakan tulis dan catat tempat-tempat ini yang biasa dikunjungi oleh para wisatawan :

1. Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan dan Keraton Keprabonan.

Terdapat beberaopa Keraton yang berdiri sekitar abad 15 an, dan sampai sekarang masih kokoh sebagai cagar budaya di Kota Cirebon. Karena selain bisa dikunjungi dengan keaslian masa lalu, disana juga terdapat peninggalan-peninggalan bersejarah yang bisa dijadikan sebagai sumber pengetahuan akan masa lalu yang penuh dengan heroik berkaitan juga dengan sejarah penyebaran Islam di wilayah pasundan di area Keraton Kasepuhan dan Kanoman terdapat Bangunan-bangunan yang sekarang masih di tinggali oleh Keluarga Kraton dan juga terdapat beberapa gedung yang menyimpan pusaka-pusaka kerajaan. Untuk masuk tiket ke Keraton Kasepuhan sekitar Rp. 15.000/orang.

2. Taman Sari Gua Sunyaragi

Sekilas dari luar, objek wisata yang ada di Cirebon ini mirip dengan candi. yang berada di Kota Cirebon dengan luas sekitar 15 hektar Berlokasi di kelurahan Sunyaragi, Kesambi Cirebon. Sesuai arti Sunyaragi dalam sansekerta yaitu sepi raga, dahulu tempat ini digunakan untuk mencari ketenangan bagi sultan dan keluarganya. Kompleks tamansari Sunyaragi ini terbagi menjadi dua bagian yaitu pesanggrahan dan bangunan gua. Bagian pesanggrahan dilengkapi dengan serambi, ruang tidur, kamar mandi, kamar rias, ruang ibadah dan dikelilingi oleh taman lengkap dengan kolam. Bangunan gua-gua berbentuk gunung gunungan, dilengkapi terowongan penghubung bawah tanah dan saluran air disekitar lokasi banyak terdapat penjual kuliner dan oleh-oleh khas cirebon yang bisa anda beli. Tiket masuk sekitar Rp.10.000/orang.

3. Banyu Panas Palimanan

Salah satu tempat yang menarik adalah Banyu panas Palimanan, terletak di Desa Palimanan Barat sekitar 30 menit bila kita kendaraan dari wilayah kota Cirebon. tempat ini sangat bagus sekali untuk memelihara kesehatan dengan berendam, sehingga bagi yang mempunyai masalah dengan kulit karena air ini mengandung belerang yang sangat tinggi diyakini bisa menyembuhkannya, selain itu ketika berendam bisa melakukan relakisasi sambil melihat pemandangan yang masih alami dan terpekihara secara rapih. Untuk masuk ke area ini hanya mmbeli tiket masuk seharga Rp. 6000/perorang.

4. Kampung Batik di Wilayah Trusmi

Kampung batik ini merupakan tempat wisata yang sangat menarik sekali berkaitan dengan cirebon juga terkenal dengan hasil kerajinan batiknya dan ini merupakan indistri lokal, sehingga di daerah cirebon terdapat kampung batik. Batik cirebon biasanya menjadi oleh-oleh bagi para wisatawan yang mengunjungi cirebon, harga batik yang terpampang di sini berbagai variasi harganya dari yang harga ratusan ribu sampai dengan puluhan juta bisa ditemukan disini, kemahalannya tersebut tergantung bahannya yang berkualitas, corak gambanrnya dan pembuatannya. selain itu, terdapat juga jajanan kuliner khas cirebon yang bisa di kunjungu untuk sekedar oleh-oleh kecilo dari cirebon.

5. Ade Irma Suryani Waterland
Selain itu kita bisa mengunjungi salah satu pusat wisata yang berada di wilayah perkotaan cirebon dan jaraknya berdekatan dengan lautan cirebon, tempat ini bernama Ade Irma Suryani Waterland yang meruapakan pilihan untuk menghilangkan kepengatan akibat kelelahan perjalanan. tempat ini memang di desain sangat modern, disamping ada tempat permainan anak-anak, kolam renang dan waterbomnya, juga disediakan beberapa penginapan untuk sekedar rehat atau menginap yang jaraknya sangat berdekatan sekali dengan lautan luas cirebon. Wisata waterland ini memang baru di buka sekitar tahun 2015, akan tetapi pengunjungnya sangat banyak sehingga selalu ramai apalagi pada hari-hari libur. di dalamnya bisa menikmati kuliner cemilan khas lokal yang banyak dijajakan, bermain air, bermain pasir, berenang, atau menyewa perahu karet dengan tarif berkisar Rp.20.000/orang.

6. Pantai Kejawanan

Tidak hanya itu saja tempat wisata yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi hari libur, di Kota Cirebon juga terdapat wilayah wisata laut dengan kesederhanaan dan terlihat khas para nelayanya juga berdekatan dengan pelabuhan cirebon, ini bisa dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk bisa menghirup udara laut yang sangat terkenal dengan melihat perahu-perahu nelayan yang sedang mencari ikan. Selain itu, Merupakan pusat wisata pantai di Cirebon sangat ramai dikunjungi apalagi ketika weekend, para pengunjung berbondong bondong berwisata ke pantai ini, dengan hanya Rp.1000,- and a dapat menikmati keindahan pantai Kejawanan. Berlokasi di Jalan Yos Sudarso Kota Cirebon, terletak dekat Pelabuhan Cirebon serta Ade Irma Traffic Garden Cirebon, jika menggunakan transportasi umum anda bisa bertanya dan meminta sopir untuk menurunkan anda di sana. /SW

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed