oleh

Mengenal Sejarah Permainan Petak Umpet

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Tidak jelas kapan permainan ini mulai ditemukan atau dimainkan. Yang pasti pada abad ke-2, seorang penulis Yunani menulis tentang permainan yang disebut apodidraskinda. Permainan itu mirip dengan petak umpet yang kita kenal sekarang.

Di berbagai tempat di dunia, permainan petak umpet punya nama berbeda, sesuai bahasa di daerah masing-masing.misal nya el escondite (spanyol), jeude chache-chache (prancis), Machboim (Israel), Sumbaggoggil (Korea Selatan), Hide and Seek (Inggris). Di indonesia, petak umpet juga punya banyak sebutan. Di Sunda dikenal istilah ucing sumput. Ada juga yang menyebut nya dhelikan, jethungan, jepungan (Jawa).

Permainan petak umpet bisa membantu anak untuk menjadi anak yang lebih aktif. Anak yang aktif bergerak akan mengalami perkembangan yang signifikan daripada anak yang banyak diam. Dalam permainan ini, anak akan berlari dan bersembunyi sehingga secara tidak langsung anak sudah melakukan olahraga. Daripada hanya bermain game atau menonton televisi, lebih baik anak diarahkan untuk melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat. (Net/CT)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed