oleh

Melalui BISMA, BEKRAF Dorong Pelaku Ekonomi Kreatif Kembangkan Usaha

aitrades

Citrust.id – Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) telah meluncurkan aplikasi unggulan BEKRAF information System and Mobile Application (BISMA). BEKRAF mengajak para pelaku usaha kreatif di seluruh Indonesia untuk mendaftarkan diri dalam database resmi BEKRAF lewat aplikasi BISMA.

Untuk itu, BEKRAF mengadakan kegiatan temu BISMA dengan para pelaku ekonomi kreatif di Luxton Hotel, Kota Cirebon, Sabtu (17/3) untuk memberi ruang bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk bertemu dan berjejaring.

Pembicara kunci sekaligus pembuka kegiatan tersebut adalah Sekretaris Utama BEKRAF, Mesdin Kornelis Simarmata dan Sultan Sepuh Keraton Kasepuhan Cirebon, PRA Arief Natadiningrat.

Sekretaris Utama BEKRAF, Mesdin Komelis Simarmata, mengatakan, database usaha kreatif sangat diperlukan untuk melakukan komunikasi dua arah dengan para pelaku ekonomi kreatif. Komunikasi itu bisa menangkap masalah, menerima masukan dan memetakan lebih akurat tentang kondisi usaha kreatif terkini.

“Saat ini, database usaha kreatif maslh sangat minim sehingga banyak pelaku ekonomi kreatif kesulitan mengembangkan karyanya,” katanya, Sabtu (17/3).

Dikatakan Mesdin, para pelaku ekonomi kreatif dari 16 sub-sektor yang terdaffar di BEKRAF perlu mendorong BISMA. Bukan hanya sebagai aplikasi milik pemerintah saja tetapi sebagai wahana bersama para pelaku kreatif di Indonesia untuk memajukan perkembangan usahanya.

Cirebon memiliki potensi ekonomi kreatif. Jumlah usaha atau perusahaan ekonomi kreatif di Cirebon sebanyak 16.154. Ada tiga sektor ekonomi kreatif terbesar, yaitu kuliner sebanyak 13.273 usaha, fashion 1.539 usaha dan kriya sebanyak 660 usaha.

“BISMA mendorong para pelaku ekonomi kreatif memiliki jejaring dan memiliki kesempatan mendapatkan fasilitasi dan dukungan bagi pengembangan usahanya,” jelas Mesdin. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed