oleh

Masjid Keramat Kaliwulu Memegang Erat Tradisi Ikhlas

Citrust.id – Banyak masjid-masjid Keramat di wilayah Cirebon. Salah satunya yaitu Masjid Kramat Kaliwulu yang bertempat di Blok Kauman, Desa Kaliwulu, Kecamatan Plered, Kab. Cirebon.

Masjid ini peninggalan dari salah satu murid Sunan Gunung Jati yaitu Syekh Syarif Abdurrahman yang berjuluk berjuluk Kigede Kaliwulu, yang makamnya berada di sekitar halaman masjid.

Hal yang menarik dari Masjid ini yaitu sampai sekarang tidak menerima campur tangan dari pemerintah, baik berupa dana ataupun yang lainnya.

“Pihak keluarga besar masjid tidak menerima bantuan dari pemerintah, apapun itu bentuknya, karena yang kami khawatirkan adalah nanti semuanya akan dikelola sama pemerintah mulai dari jasa parkir sampai tiket masuk bagi pengunjung. ujar Masori, kuncen Masjid Keramat Kaliwulu kepada citrust.id, Kamis (6/9/2018).

“Sedangkan kami tidak ingin membebani para pengunjung, kami lebih mengedepankan keikhlasan. Belum lagi soal tata letak bangunan, kami tidak ingin ada perubahan yang mencolok. Karena kembali lagi, kami di sini menjaga keutuhan budaya warisan dari leluhur kami,” tuturnya./irfan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed