oleh

Market Share Bergeser, Penjualan Online Tumbuh Pesat

Citrust.id – Saat ini, penjualan handphone di outlet-outlet tidak setinggi sebelumnya. Salah satu penyebabnya adalah pertumbuhan pasar online yang makin signifikan. Ada pergeseran market share dari offline ke online.

Demikian dikemukakan CEO PT Media Selular Indonesia (Complete Selular Group), Chandra Purnama, pada perayaan Ultah ke-4 Complete Selular Tuparev, Senin (31/12/2018).

Chandra mengungkapkan, ada perubahan perilaku masyarakat dalam berbelanja. Dulu, ketika akan membeli handphone, masyarakat melihat-lihat dulu di online lalu membelinya di outlet.

Sekarang terbalik. Masyarakat terlebih dahulu datang ke outlet, melihat barangnya sekaligus mencoba fitur-fiturnya, tapi ketika berbelanja di online atau e-commerce.

“Pertumbuhan e-commerce makin masif. Di luar perkiraan kami. Mau tidak mau kami harus mengikuti pergerakan pasar saat ini,” ujarnya.

Chandra mengutarakan, saat ini, core bisnis Complete Selular tidak hanya secara offline atau membuka cabang di berbagai daerah, tapi juga bermain di online melalui e-commerce.

“Komposisi penjualan offline dan online Complete Selular sebesar 90 persen dibanding 10 persen. Penjualan secara offline masih mendominasi,” ucapnya.

Walau demikian, imbuh Chandra, secara pertumbuhan, penjualan online bergerak amat pesat. Tahun kemarin, komposisi penjualan melalui online masih berkisar 2-3 persen.

“Untuk itu, pada 2019, business plan kami melalui online akan lebih fokus dan matang. Saat ini, kami tengah membentuk tim digital marketing untuk menopang penjualan online,” pungkasnya. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed