oleh

Manan: Program BBM Menjadi Langkah Efektif Dalam Memakmurkan Masjid

Citrust.id – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) suarakan program bersih-bersih masjid (BBM). Program tersebut dinilai menjadi langkah efektif dalam menggelorakan gerakan memakmurkan masjid di kalangan masyarakat.

Oleh karena itu, Ketua PBNU Bidang Koordinator Lembaga Takmir Masjid, KH. Abdul Manan, meminta para pengurus masjid khususnya di Wilayah Ciayumajakuning untuk memaksimalkan kembali peran dan fungsi masjid sebagai pusat pelayanan jamaah dan pusat kegiatan umat muslim.

Menurut Manan, masjid bukan hanya dijadikan sebagai tempat ibadah, namun juga berfungsi sebagai pusat pendidikan, ekonomi, kebudayaan dan sosial umat.

“Karena di Cirebon pesan Sunan Gunung Jati ‘ingsun titip tajug lan fakir miskin’, itu menandakan betapa pentingnya peran musala dan masjid di dalam dakwah Islam Rahmatan Lil Alamin,” terang Manan di Kampus UNU Cirebon, Jumat (19/10/2018).

Selain itu, dalam menghidupkan dan memakmurkan kembali keberadaan masjid diperlukan kerjasama dari berbagai pihak dengan melakukan pembenahan terhadap manajemen masjid dan menyesuaikan fasilitas sesuai apa yang diinginkan para jemaah.

Agar tidak ditinggalkan umat, Manan menjelaskan, pengurus masjid perlu untuk mengelola tempat ibadah itu dengan manajemen yang baik, seperti melaksanakan kegiatan-kegiatan positif dengan melihat kondisi dan kadar masyarakat sekitar./dhika

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed