oleh

MAN 1 Cirebon Gelar Kegiatan Peringatan Bulan Bahasa

Citrust.id – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Cirebon mengadakan kegiatan memperingati Bulan Bahasa, Senin (29/10/2018), di halaman sekolah setempat.

Pada peringatan bulan bahasa kali ini, MAN 1 Cirebon mengadakan dialog bahasa dan budaya. Ketua Dewan Kesenian Kota Cirebon, Akbarudin Sucipto, menjadi moderator pada dialog tersebut.

Sedangkan sebagai narasumber yakni Wakil Bupati Terpilih H. Imron Rosyadi, Kepala Kemenag Kabupaten Cirebon Drs. H. Mujayin, M.Pd.I, Ketua Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia (Lesbumi) PCNU Kabupaten Cirebon Baequni, S. Ag dan Ketua Lesbumi PCNU Kota Cirebon Ifful Azka Zulkifli.

Acara tersebut juga dimeriahkan pentas seni, budaya dan keterampilan berbahasa yang dibawakan para siswa. Selain itu, tampil band “The Bandit” dari Ponpes Bina Insan Mulia, Farhan KDI, VJ Afiyah dan Shikkah Nada.

Pada kesempatan itu, Kepala MAN 1 Cirebon, Muh. Isro Mutamarullah, S.Pd, MA, mengatakan, tema kegiatan tersebut yakni Melalui Bulan Bahasa Kita Tingkatkan Budaya dan Literasi.

Saat ini, kata Isro, bahasa asing sudah banyak yang menguasai. Pun dengan budaya asing yang sudah masuk ke Indonesia.

“Melalui momen peringatan bulan bahasa ini, para siswa diharapkan lebih mencintai bahasa, budaya dan kearifan Indonesia, khususnya budaya Cirebon,” ujarnya.

Sementara, Kepala Kemenag Kabupaten Cirebon, H. Mujayin, mengungkapkan, dirinya mengapresiasi MAN 1 Cirebon yang telah mengadakan kegiatan memperingati Bulan Bahasa.

Bulan Bahasa tidak terlepas dari Sumpah Pemuda. Salah satu isi Sumpah Pemuda yang dideklarasikan 90 tahun lalu adalah putra-putri Indonesia berikrar berbahasa satu, yakni bahasa Indonesia.

“Untuk itu, dengan semangat Bulan Bahasa, generasi muda saat ini hendaknya mempertahankan dan mengisi kemerdekaan,” ucapnya. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed