oleh

Lima Ribu Banser Cirebon Arak Bendera Merah Putih KSN

Citrust.id – Lima ribu kader Ansor dan Banser Kabupaten Cirebon mengarak pataka bendera merah putih dari Padepokan Anti Galau, Desa Sinarancang, Kecamatan Mundu menuju terminal Losari Kabupaten Cirebon. Arak-arakan tersebut adalah kegiatan Kirab Satu Negeri (KSN) yang digagas GP Ansor.

Kegiatan KSN digelar keliling nusantara, dan saat ini sampai di Cirebon, kemudian kirab diserahkan secara estafet ke tim KSN Jawa Tengah untuk diteruskan dan diarak kembali hingga finis, yang direncanakan lokasinya di Yogyakarta.

“Ini melanjutkan dari zona Sabang hingga tempat ini. KSN ini digelar sebagai penangkal adanya ancaman sekelompok orang kecil yang ingin mengganti sistem negara,” terang M Nuruzzaman, Kadensus 99 Asmahul Husna GP Ansor, Kamis (18/10/2018).

Senada, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Cirebon, HM Ujang Bustomi menegaskan, Ansor akan berada digarda terdepan untuk menghalau para penghianat bangsa.

“Saat ini banyak yang hidup di sini bahkan mati pun di sini yang mencoba berbuat makar. Kami Ansor dan Banser akan melawan dan membasmi mereka,” tegas Ujang.

Sementara, Bupati Kabupaten Cirebon, Sunjaya Purwadisastera yang hadir dalam kirab tersebut, sangat mengapresiasi. Pasalnya, KSN mencerminkan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Saya bangga dengan acara ini. Semoga dapat dirasakan masyarakat untuk kedamaian bangsa,” ujarnya.

Kapolres Cirebon, AKBP Suhermanto dalam kegiatan kirab berpesan kepada masyarakat agar memerangi hoaks, dengan cara menrlusuri kebenarannya terlebih dahulu sebelum membagikan informasi ke publik.

Kemudian, agar masyarakat ikut aktif dengan melaporkan kepada pihak berwenang jika ada kelompok atau perorangan yang mengarah radikal, dan memecahbelah bangsa.

“Jadi, kalau dapat berita harus disaring sebelum di-sharing. Dan jangan takut melaporkan ke polisi atau TNI jika ada indikasi radikalisme,” pungkasnya./riky sonia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed