oleh

Kyai Ma’ruf: Kemerdekaan Republik Indonesia Tidak Lepas dari Perjuangan Para Santri

Citrust.id – Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1, KH Ma’ruf Amin sambangi Festival Tajug 2018 dalam rangka memeriahi Hari Santri Nasional ke-3 yang bertepat di Alun-alun Keraton Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Senin (22/10/2018).

Dalam lawatannya tersebut, Ma’ruf tiba di Cirebon sekitar pukul 14.30 WIB dengan mengenakan pakaian layaknya santri lengkap berserta sarung dan balutan kopiah.

Dalam kunjungannya itu, Ma’ruf menyampaikan, kemerdekaan Republik Indonesia tidak lepas dari perjuangan para santri yang selalu gigih dalam berjihad. Dirinya menambahkan, sejarah juga menjadi saksi bahwa para santri rela mewakafkan hidupnya hanya untuk mempertahankan NKRI.

“Bahwasanya melawan dan mengusir penjajah adalah hukumnya fardu ain (wajib yang diharuskan),” kata Ma’ruf.

Dikatakan Ma’ruf, momentum Hari Santri ini menjadi momentum dalam memompa semangat juang para santri untuk membela NKRI. Dalam artian, santri mesti memiliki peran dan dihargai serta diperhitungkan negara.

Dalam konteks itu, santri juga harus menyiapkan diri untuk bisa berkiprah lebih besar lagi. Tentunya, peran pesantren sebagai wadah para santri harus menjadi prioritas dalam membentuk karakter dan menanamkan nilai-nilai kebangsaan./dhika

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed