oleh

Kunjungi Bandara Kertajati, Presiden Jokowi Akan Terbitkan Perpres Pembebasan Lahan Untuk Proyek Strategis 

Citrust.id – Presiden Jokowi mengatakan pihaknya akan menerbitkan Perpres Pembebasan Lahan untuk proyek – proyek strategis Nasional.

“Tentunya tidak semua proyek jadi proyek strategis,  namun yang tidak masuk proyek strategis pun tetap berjalan, “kata Presiden Jokowi saat mengunjungi Bandara Kertajati,  di Kabupaten Majalengka, Selasa (17/04/2018).

Jokowi juga mengapresiasi proyek pembangunan Bandara yang merupakan kolaborasi Pemerintah Pusat dengan Pemprov Jabar.

“Hal ini tentu menjadi contoh bagi Pemda lainnya,  dan dipastikan juga penerbangan haji 2018 bisa dari Bandara Kertajati, “tukas Jokowi.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau progres pembangunan bandara yang saat ini telah mencapai prosentase 96%.

“Bapak Presiden melihat langsung Bandara Kertajati. Untuk sisi udara sudah selesai 100%, sisi darat atau bangunannya telah mencapai 96%,” kata dia.

Dengan progres pembangunan ini, Menhub berharap bandara ini dapat beroperasi pada angkutan lebaran tahun ini dengan melayani penerbangan ke sejumlah kota di luar Jawa seperti Medan, Lampung, Pontianak, dan Palangkaraya. Akan tetapi kepastian kota tujuan ini juga akan melihat kembali minat pasar.

Selain untuk melayani angkutan lebaran, kata dia pada tahun ini diharapkan bandara ini juga akan dapat digunakan sebagai bandara keberangkatan calon jemaah haji asal Provinsi Jawa Barat.

“Setelah angkutan lebaran bandara ini juga diharapkan bisa melayani sebagai embarkasi haji khususnya masyarakat dari sekitar Majalengka,” ujarnya.

Bandara Kertajati memiliki landas pacu atau runway berukuran 2.500 x 60 meter dan akan diperpanjang menjadi 3.000 x 60 meter. Dengan runway ini bandara ini telah dapat didarati pesawat sejenis Boeing 777.

Selain itu juga terdapat apron berukuran 576 x 151 meter persegi sehingga dapat menampung sebanyak 10 pesawat berbadan lebar. Pada sisi darat Bandara Kertajati dilengkapi terminal penumpang berukuran 92.000 meter persegi.

Bupati Majalengka Sutrisno mengatakan Pemkab Majalengka mendukung penyelesaian Bandara Kertajati dan siap membangun kawasan penyangga Kertajati Aerocity.

“Kami juga tahun ini mulai membangun jalan lingkar untuk akses warga sekitar Bandara, “tukas Sutrisno. /Abduh

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed