oleh

Kualitas Mental Pemuda dalam Berwirausaha Perlu Ditingkatkan

Citrust.id – Untuk menciptakan pengusaha muda yang tangguh dan berkualitas, Forum Kewirausahaan Muda (FKP) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengadakan seminar dan diskusi Bedah Usaha Kewirausahaan Pemuda Pemula, di Hotel Santika Cirebon, Sabtu (1/9).

Pada kesempatan itu, Pembina FKP Kemenpora, Sutrija, mengungkapkan, acara tersebut juga bagian dari upaya untuk mendorong dan menggairahkan minat pemuda untuk berwirausaha.

Dikatakan Sutrija, ada sejumlah kendala yang biasa ditemui generasi muda dalam memulai wirausaha. Salah satunya adalah permodalan.

“Untuk itu, kami punya program pemberian bantuan berupa suntikan modal bagi wirausaha muda pemula. Modal yang diberikan sebesar Rp15 juta bagi perseorangan serta Rp100 juta untuk kelompok,” katanya.

Ketua FKP Pusat, Agus Nurrohman, menjelaskan, untuk memulai usaha, diperlukan kesenangan atau rasa cinta terhadap usaha yang akan dijalankan. Selain itu, tujuan berwirausaha hendaknya berorientasi untuk membantu orang lain atau konsumen dengan produk yang ditawarkan.

“Tak kalah penting adalah bisnis yang akan dijalankan harus mendapatkan restu dari orangtua,” ucapnya.

Menurut Agus, saat ini mental para pemuda Indonesia untuk berwirausaha masih perlu diperbaiki. Pada umumnya, mereka ingin untung atau kaya secara instan. Padahal, sifat bisnis tidaklah instan.

“Salah satu cara memperbaiki mental tersebut adalah dengan berbagi cerita tentang kesulitan maupun perjuangan bisnis dengan pengusaha yang telah sukses,” katanya.

Sementara, Direktur Bank Mahasiswa Indonesia, Rizky Adam, mengutarakan, untuk membantu pemuda dan mahasiwa Cirebon yang hendak memulai usaha, pihaknya bersama FKP dan Kemenpora akan membuat inkubator bisnis Cirebon.

“Melalui inkubator bisnis itu, kamibakan memberikan pendidikan. Kegaiatan yang akan dilaksanakan seperti seminar dan pelatihan bisnis serta permodalan,” pungkasnya. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed