oleh

KPU Sosialisasikan Pilkada Serentak untuk Pemilih Difabel dan Kelompok Marginal

Citrust.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Majalengka menggelar Sosialisasi Pilkada Serentak Tahun 2018, melalui Temu Warga dari tujuh Kecamatan yaitu Kecamatan Majalengka, Panyingkiran, Kadipaten, Dawuan dan Kasokadel.

Acara tersbeut bertempat di Wanawisata Gunung Karang Kel. Babakanjawa Kec. Majalengka pada Selasa (03/04).

“Pesertanya dari pemilih difabel dan kelompok marginal, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemilih perempuan dan pemilih pemula,” kata Komisioner KPU Majalengka Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Dr. H. Diding Bajuri, M. Si.

Dikatakan dia, sosialialisasi ini diharapkan meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat menyangkut beberapa hal teknis dalam menggunakan hak politik dan hak pilihnya dengan benar.

Ketua KPU Kabupaten Majalengka Supriatna mengatakan, tujuan dari partisipasi masyarakat menyebarluaskan mengenai tahapan, jadwal dan program pemilihan.

“Meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang hak dan kewajibannya dalam pemilihan, dan meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu,” ungkap dia.

“Salah satu ciri pemilu yang berintegritas adalah partisipasi seluruh pemangku kepentingan dalam seluruh rangkaian tahapan pemilu. Hal ini untuk menjamin agar rakyat berdaulat. Peran warga negara dalam pemilu tak hanya memberikan suara, tetapi melakukan berbagai peran yang berbeda pada seluruh tahapan Pemilu,” tegas dia.

Narasumber lainnya, Sekretaris KPU Kabupaten Majalengka Dr. Hj. Lilis Yuliasih, S. Pd, M. Pd mengatakan, pemilihan umum merupakan sistem penyelenggaraan negara yang sesuai dengan amanat konstitusi yang menentukan bahwa kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut UUD.

“Artinya rakyatlah yang memiliki kekuasaan tertinggi untuk menentukan kebijakan negara, untuk menentukan kepemimpinan politik yang akan menentukan pejabat eksekutif dan lembaga perwakilan rakyat,” tukas dia. /abduh/adv

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed