oleh

Kontes Besar Ayam Pelung Grage Cup I Diikuti Peserta dari Berbagai Daerah

Citrust.id – Grage City Mall (GCM) bekerja sama dengan Himpunan Peternak dan Penggemar Ayam Pelung (HIPPAP) Nusantara menggelar Kontes Besar Ayam Pelung Terbuka Grage Cup I, Minggu, (29/7), di taman Amphiteathre GCM.

Pada kontes yang diikuti ratusan peserta dari Sukabumi, Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Suciayumajakuning) ada tiga kategori yang dilombakan, yakni penampilan, suara dan bobot.

Selain trophi dan uang pembinaan bagi juara juga terdapat doorprize berupa tiga unit motor, LED TV, lemari es, kipas angin dan lain-lain.

Bendahara Umum DPP HIPPAP Nusantara, Djufri Djaman, dirinya mengapreiasi GCM yang melalui kontes itu telah memuliakan ayam pelung yang merupakan salah satu ikon Jawa Barat.

“Diharapkan ke depan akan lagi ada kontes ayam pelung. Dengan demikian, masyarakat Cirebon dan sekitarnya lebih mengenal ayam kebanggaan Jawa Barat itu,” katanya.

Dikatakan Djufri, berdasarkan keputusan pemerintah, ayam pelung merupakan salah satu dari 26 rumpun unggas lokal Indonesia. Ayam pelung mempunyai ciri khas tersendiri, seperti badannya yang besar dan gagah serta nafas atau suaranya yang panjang.

“Ayam bisa bersuara selama 10-18 detik,” jelasnya.

Sementara, Komisaris Grage Group, Dekon Gunawan Boediman, mengatakan, melalui kontes ayam pelung itu, Grage Group berupaya mengangkat tradisi dan budaya. Apalagi, ayam pelung merupakan salah satu fauna yang harus dilestarikan.

Dekon menungkapkan, ke depan pihaknya akan mengadakan kontes ayam pelung kembali. Selain sebagai ajang berkumpul dan bersilaturrahmi, kontes ayam pelung juga bisa sebagai salah satu daya tarik wisata.

“Kita bisa menjadikan pecinta dan peternak ayam pelung sebagai bagian dari mata rantai pariwisata,” ujarnya. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed