oleh

Ketum PP Muhammadiyah : Untuk Menangkal Hoax Kita Harus Melakukan Tabayyun

Citrust.id – Beberapa kasus hoax yang sering terjadi di media sosial mendapatkan tanggapan oleh Ketua Umum Muhammadiyah dengan mengundang Kapolri Tito Karnavian pada pengajian bulanan yang diadakan oleh Pengurus Pusat Muhammadiyah di Jakarta, dalam pengajian tersebut Haedar Nasir menyatakan perlunya melakukan tabayyun untuk melihat kebenaran informasi yang tersebar di masyarakat agar tidak terjadi fitnah dan kabar bohong.

“Kita tidak mau di dalam masyarakat berkembang kabar-kabar yang tidak benar akan kepastiannya, sehingga opini itu menjadi tidak jelas sumber kebenarannya, oleh karenannya di dalam Islam mengharuskan kita untuk melakukan klarifikasi kepada pihak lain atau apa yang disebut dengan tabayyun,” ujarnya.

Lanjut Ketum Muhammadiyah ini menyatakan bahwa dengan silaturahmi maka kita bisa tahu kejelasan sebenarnya bagaimana, “makanya saya undang pak Kapolri untuk menjelaskan posisi kejadian yang sebenarnya,” jelasnya. Sementara pada kesempatan yang sama, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan bahwa kaitan dengan penyerangan kepada tokoh agama atau kyai sebenarnya kejadiannya cuma tiga kasus dari opini yang berkembang ada 46 isu penyerangan. /sw

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed