oleh

Kementan: Bantuan Paling Efektif Adalah Memberdayakan Masyarakat

Citrust.id – Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian Kementan RI, Siti Munifah serahkan bantuan berupa ternak ayam petelur beserta pakan kepada 208 Rumah Tangga Miskin (RTM) di Desa Palimanan Barat, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Sabtu (17/11/2018).

Dalam hal ini dirinya menyebut, pengentasan kemiskinan perlu untuk terus disosialisasikan melalui berbagai cara. Tambah Munifah, cara paling efektif adalah dengan pemberdayaan masyarakat suatu sektoral seperti ternak ayam petelur kali ini.

“Jadi ini bentuknya bantuan pemerintah. Bukan hibah ya, kalau hibah berarti bisa saja kan ayam ini dijual atau diapakan. Cuma ini kan bantuan pemerintah, jadi harus dikembangkan sebaik mungkin,” ungkap Munifah kepada awak media.

Lebih lanjut dirinya menilai, bantuan ternak ayam petelur sangat cocok untuk kultur masyarakat perkampungan.

Berkaca dari mayoritas RTM yang cenderung memilih ternak ayam ketimbang hewan ternak lainnya. Sambung dia, ternak ayam pun dirasa tepat menjadi pilihan karena mudah dalam proses pembudidayaan.

“Ayam ini kan akan terus bertelur sifatnya. Hasil dari telur ini bisa mereka manfaatkan entah itu untuk membeli bibit ayam lagi atau yang lain. Sehingga hasilnya mampu memperbaiki ekonomi si RTM ini,” bebernya.

Selain ayam dan pakan, Kementan juga memberi bantuan berupa kandang, obat-obatan ternak. Ditambah lagi, pihaknya akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait dalam pembinaan kepada sejumlah RTM./dhika

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed