oleh

Kemendikbud dan GCM Dorong Generasi Muda Ciptakan Karya Seni Berbasis Teknologi

Citrust.id – Dalam upaya mendukung perkembangan seni media di Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Direktorat Kesenian mengadakan kegiatan Ekspresi Seni Media di Ruang Publik. Kegiatan tersebut digelar di sejumlah daerah, yakni Lombok, Cimahi, Purwakarta, dan Cirebon.

Di Cirebon, Ekspresi Seni Media di Ruang Publik dilaksanakan di Grage City Mall, Sabtu (20/10/2018) bersama Rumah Kreatif Wajiwa, Komunitas Robotic Cirebon, dan Komunitas WPAP. Selain itu, ada Kendang Seni Media yang mendemontrasikan kendang tradisional menggunakan teknologi berbasis Arduino.

Pada kesempatan itu, Direktur Kesenian Kemendikbud, Dr Restu Gunawan, M.Hum, mengutarakan, memasuki Revolusi Industri 4.0 yang mengandalkan teknologi, masyarakat khususnya generasi muda dan anak sekolah harus siap menghadapinya.

“Kegiatan Ekspresi Seni Media di Ruang Publik merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan minat dan apresiasi masyarakat terhadap seni media yang memadukan kesenian tradisional dan teknologi modern,” jelasnya.

Misalnya, kata Restu, Rumah Kreatif Wijaya mengolaborasikan seni media dan pertunjukan tradisional Topeng Cirebon sehingga menghasilkan karya modern. Pemanfaatan bentuk digital dari seni tradisional jadi salah satu upaya membangun dan menjaga keragaman budaya.

Pun demikian dengan Komunitas Robotic dan Komunitas WPAP Cirebon. Mereka mengkreasikan ciri khas Cirebon dengan memanfaatkan teknologi berbasis robotik.

“Kami harap makin banyak generasi muda yang tergerak memanfaatkan kemajuan teknologi. Hal itu untuk menjaga kebudayaan tradisional sekaligus menciptakan wadah berkarya untuk mengekspresikan kreativitas positif,” ujar Restu.

Sementara, Managing Director Grage Group, Ratu Sukmayani, mengatakan, Grage City Mall menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan Ekspresi Seni Media di Ruang Publik oleh Kemendikbud RI.

Yani, sapaan akrabnya, menambahkan, pihaknya berterimakasih karena Grage City Mall diberi kepercayaan jadi tempat penyelenggaraan kegiatan positif itu.

“Hal itu sejalan dengan Grage City Mall yang selama ini jadi destinasi generasi muda untuk mengekspresikan karya positif yang memanfaatkan teknologi,” jelasnya./haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed