oleh

Keluar Rp21 Juta Belum Berangkat, CTKI Ini Lapor ke LSM DSAI

aitrades

Citrust.id – Seorang Calon TKI Asal Desa Pegagan Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu, Angga (21), yang dijanjikan pihak sponsor akan diberangkatkan ke negara tujuan Taiwan, namun hingga setahun lebih belum ada kepastian keberangkatan.

Hal tersebut baru terungkap saat Calon TKI tersebut mengadu dan sekaligus melimpahkan kuasanya kepada Lembaga Swadaya Masyarakat Development and Social Advocation Institute di Kabupaten Indramayu.

Seperti diketahui, Angga yang akan diberangkatkan oleh pihak sponsor dengan inisial KR warga Cemara Kulon Kecamatan Losarang di PT. Della Fadilah Nugraha yang ada di wilayah Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, namun belum mendapat kepastian dan job untuk Calon TKI tersebut.

Angga sudah mengeluarkan biaya keberangkatan hingga total 21 juta, yang sudah dibayarkan ke pihak sponsor. Namun hingga kini belum ada kepastian akan berangkat bekerja di Taiwan.

Ahmad Saefullah, S.Pd, Sekjen Development and Social Advocation Institute menegaskan, pihaknya serius mengawal kasus tersebut hingga tuntas, dan akan membawa ke ranah hukum. Jika pihak sponsor atau PJTKI tersebut tidak mau memenuhi tuntutannya.

“Tuntutannya kepada pihak sponsor atau PJTKI, pengembalian uang calon TKI yang sudah disetorkan kepada pihak sponsor hingga mencapai 21 juta rupiah,” jelasnya, Selasa (09/01).

Dikatakannya, sudah setahun lebih Angga belum ada kepastian keberangkatan, diduga proses dari PJTKI tersebut tidak jelas dalam hal penempatan tenaga kerja di negara tujuan Taiwan.

“Apalagi Angga ini kan dalam kondisi fisik sebenarnya tidak lulus karena berat badan lebih, namun sponsor menjanjikan akan memberangkatkan CTKI tersebut,” ungkapnya

Ia menjelaskan, hal itu juga sudah diatur dalam Undang-undang nomor 39 tahun 2004, tentang tata laksana pemberangkatan tenaga kerja.

“Sponsor sudah meminta uang kepada CTKI padahal belum jelas kerjanya apa dan belum ada job, sehingga ini diduga ada penipuan,” tegasnya. /didi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed