oleh

Kelola Sumber Daya Alam, Pemuda Majalengka Raih Juara Pelopor

Citrust.id – Wawan Suhermawan kembali meraih predikat juara Satu Pemuda Pelopor tingkat Kabupaten Majalengka Tahun 2018. Pemuda berusia 26 tahun ini, dianugerahi sebagai pemuda pelopor untuk Bidang pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) dan Lingkungan.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Plt Bupati Majalengka, Karna Sobahi saat pelaksanaan Upacara Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018, yang digelar di Alun-Alun Majalengka, Senin (29/10/2018).

Pemuda asal Rt.005/004, Blok Jumat Desa Cisetu, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, sebelumnya pada tahun 2017, Wawan juga tercatat sebagai pemuda pelopor bidang SDA dan Lingkungan tingkat Kabupaten Majalengka.

“Alhamdulillah, saya kembali meraihan juara pertama pemuda pelopor tingkat Kabupaten Majalengka, ini akan melecut saya untuk dapat memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Majalengka,” katanya.

Menurut Wawan, dengan terpilihnya sebagai pemuda pelopor selama dua tahun berturut-turut, 2017-2018 ini, akan menambah motivasi untuk menyelamatkan, menjaga dan melestarikan populasi satwa langka maupun non langka, seperti jenis burung Garuda maupun burung lainnya yang masih ada di Wilayah Gunung Ciremai.

“Kemerdekaan juga bisa dilekatkan dengan alam karena alam berdampak pada kemerdekaan spesies kita. Jangan sampai mereka terusir lagi dari tempat tinggal mereka,” jelas Wawan, yang juga seorang mahasiswa semester akhir Fakultas Pertaniaan UNMA Majalengka.

Selain itu, Wawan juga mengajak masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan dan ia juga berharap justru jangan pemudalah yang menjadi aktor utama dalam rusaknya lingkungan.

“Pemuda tentunya memiliki pengaruh di dalam masyarakat. Pemuda harus bisa memberikan keteladan yang baik dan mampu mengayomi masyarakat walaupun dimulai dari kegitan kecil dan sederhana,” ungkapnya.

Sementara itu, menurut Plt Bupati Majalengka, Karna Sobahi, penghargaan yang diberikan tersebut adalah bentuk apresiasi untuk pemuda berprestasi.

“Kami menghargai apa yang mereka sudah perjuangkan untuk kepentingan masyarakat banyak, agar ke depannya pemuda ini bisa lebih banyak berkarya lagi,” ucapnya.

Bupati berharap, semoga tekad dan semangatnya pemuda pelopor ini bisa menginspirasi para pemuda Majalengka lainnya, sehingga para pemuda dan pemudi yang ada di Bumi Sindangkasih ini bisa memberikan kontribusi terhadap kemajuan masyarakat dan memberikan lebih banyak prestasi untuk Majalengka.

“Mari kita mengisi kemerdekaan dengan prestasi dan komitmen kebangsaan. lahirkanlah ide-ide, gagasan, tekad dan cita-cita, pengorbanan mu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia. Ayo, bangun pemuda satukan Indonesia,” pesan dia. /abduh

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed