oleh

Kebakaran Gunung Ciremai Meluas ke Perbatasan Kuningan-Majalengka

Citrust.id – Musim Kemarau panjang membuat hutan di sekitar Gunung Ciremai yang masuk kepada wilayah Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka terbakar.

Petugas Taman Nasional Gunung Ciremai Awan Suwandi megatakan, penanganan kebakaran di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) masih terus dilakukan dan api masih menyala di sekitar Blok Batu Kuda dan Batu Beuheungan. Meluas hingga perbatasan Kebun Raya Kuningan (KRK).

“Api menjalar ke Blok Kupak, api dapat teramankan di Blok Kupak diKarenakan terdapat sekat bakar sepanjang Blok Kupak sampai Blok Sipamojok yang dibuat oleh petugas TNGC, Kelompok Masyarakat MPGC Pujangga Manik Batu Luhur dan BPBD,” ungkap dia, Sabtu (06/10/2018).

Dikatakan dia, kobaran Api dari arah Timur Blok Karang Dinding dan Blok Panjak Roma menyerang Blok Sipamojok hingga membakar Blok Leles yang masih terdapat tegakan Pinus dan api masih menyala di Blok Leles, belum dapat dikendalikan karena keterbatasan peralatan pemadaman.

“Tim dari SPTN wilayah II Majalengka ikut bersiaga untuk memadamkan api, karena lokasi kebakaran di SPTN I Kuningan mendekati batas kawasan antar seksi,” jelas Awan.

Awan mengungkapkan, Tim dibagi dua, untuk memadamkan api yang ada di Blok Sibedug yang berbatasan dengan KRK melibatkan kelompok masyarakat MPGC Curug Cipeuteuy Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka dan masyarakat Awilega. Untuk tim yang bertugas memadamkan api di Blok Situmpuk melibatkan kelompok masyarakat MPGC Buper Cidewata dan masyarakat Ciwaru.

“Api masih ada d Blok Legok Dulang, sehingga tim masih kesulitan untuk mendekat karena ada jurang. Malam hari tim Bagong sebanyak 15 orang dan tim kelompok masyarakat MPGC Curug Cipeuteuy sebanyak 8 orang terus bersiaga,”ungkapnya.

Dijelaskan dia, Api sudah masuk ke Blok Legok Kerud dekat dengn Blok Situmpuk perbatasan dengan KRK dan TNGC. Untuk Blok Sibedug terpantau aman dan api dari Blok Panyerahan (bawah blok pasir ipis yang mengarah ke Majalengka sudah berhasil di padamkan tim Bagong.

Menurut dia, personil pemadam kebakaran dari petugas TNGC dan Kelompok Masyarakat MPGC Jaya Pakuan diberangkatkan untuk memadamkan api di Blok Leles yang masih menyala dan ada penambahan tim pemadam dari Petugas TNGC, Polres Kuningan, TNI, BPBD, Pengelola JICS, Kelompok Masyarakat Pujangga Manik Batu Luhur, MPA Padabeunghar dan Kelompok Masyarakat Jaya Pakuan. / Abduh

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed