oleh

Kantor Desa Berbentuk Istana Presiden

aitrades

Citrust.id – Kantor kepala desa atau yang lebih akrab dengan sebutan balai desa, umumnya berbentuk bangunan yang cukup luas sebagai sarana tempat berkumpulnya aparatur desa dan masyarakat setempat.

Di Jawa, balai desa identik dengan joglo atau bangunan-bangunan yang memiliki sentuhan ornamen jaman kerajaan.

Seiring perkembangan zaman, balai desa mulai mendapat sentuhan-sentuhan modern mengikuti selera arsitektur hari ini sebagai bentuk penyegaran.

Namun, bagaimana jika balai desa menyerupai istana negara?

Seperti Kantor Desa Kemuningsari Kidul, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember, Jawa Timur, dilansir dari laman kompas.com, Jumat (20/7/2018), meski kantornya berada di sekitar areal persawahan, struktur bangunannya sangat mirip dengan Istana Negara. Pilar-pilarnya kokoh menyangga atap serta terdapat simbol burung garuda di atasnya.

Kepala Desanya, Sujarwo, terinspirasi ketika melihat bangunan Istana Negara di televisi. Membangun kantor desa mirip rumah dinas Presiden RI itu membutuhkan waktu sekitar empat tahun.

Selama empat tahun, pihak pemerintah desa menggelontorkan dana yang tidak sedikit, yakni sekitar Rp1,8 miliar bersumber dari sisa belanja alokasi dana desa, dari pendapatan desa, bagi hasil pajak, dan swadaya masyarakat./sw

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed