oleh

Kadis Ketahanan Pangan Minta RTM Tidak Salahgunakan Program Pemberian Ternak Ayam

Citrust.id – Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Cirebon, Muhidin menyampaikan, sebanyak 4.788 Rumah Tangga Miskin (RTM) di 4 Kecamatan, yakni Gempol, Mundu, Astanajapura, serta Babakan akan terima bantuan berupa ternak ayam petelur dan pangan dari Kementerian Pertanian RI.

Adapun rinciannya, Kecamatan Gempol sebanyak 982 RTM, Mundu 667 RTM, Astanajapura 489 RTM, dan Babakan 2.650 RTM.

“Dimana 1 RTMnya akan mendapat bantuan sebanyak 42 ekor ayam betina dan 8 ekor ayam pejantan,” beber Muhidin kepada citrust.id seusai rapat persiapan pembagian pakan dan ayam program bekerja kementerian pertanian di kantor dinas setempat, Kecamatan Sumber, Jumat (16/11/2018).

Lebih lanjut, Muhidin menyebutkan selain terima ternak ayam, mereka juga akan diberi bantuan berupa pakan ternak seberat 1 kwintal sebagai penunjang.

Menyikapi hal itu, Kadis Ketahanan Pangan itu berserta jajaran akan melalukan gladiresik terkait mekanisme penyerahan hewan ternak nantinya. Sambung Muhidin, hal ini dilakukan guna meminimalisir terjadinya kecemburuan antara masyarakat yang mendapat bantuan dengan yang tidak.

Muhidin memprediksi, dalam 6 bulan kedepan program tersebut sudah dapat berbuah hasil. Dimana hal ini menjadi upaya Dinas Ketahanan Pangan dalam menstabilitaskan harga telur ayam bila mana suatu saat terjadi inflasi.

“Kita juga akan melakukan pengawasan terhadap program ini, kita akan datangkan dokter ahli, bilamana terjadi hewan yang sakit atau problematika lainnya. Selain itu, kita juga fasilitasi RPM ini dengan para penyuluh dalam melakukan pembinaan,” tambah dia.

Terakhir, dirinya mengimbau agar bantuan ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dan tidak disalahgunakan dalam pelaksanaannya nanti, salah satunya sengaja menjual ayam tersebut./dhika

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed