oleh

Jelang Mudik, Puluhan Sopir di Terminal Cipaku Kadipaten Dites Urine

Citrust.id – Jelang arus mudik lebaran, Satnarkoba Polres Majalengka bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Kesehatan Majalengka, melakukan pemeriksaan urine dan kesehatan kepada para awak sopir bus di Terminal Cipaku, Kecamatan Kadipaten Kabupaten Majalengka, Sabtu (09/06).

“Ini adalah operasi kemanusian, dimana setiap supir bus membawa manusia dan bilamana kondisi para sopir mengonsumsi narkotika akan sangat membahayakan keselamatan penumpang yang akan mudik menggunakan bus,” jelas Kapolres Majalengka, AKBP Noviana Tursanurohmad didampingi Kasat Narkoba, AKP Ahmad Nasori, SH.

Lebih lanjut, Puluhan sopir yang mengikuti tes urine tersebut hasil saat ini tidak ada yang positif menggunakan obat-obatan atau narkotika. Selain melakukan tes urine, para supir juga dicek kesehatannya oleh petugas kesehatan.

“Alhamdulillah sementara hasilnya negatif penyalahgunaan narkotika dan obat obatan,” terangnya.

Sementara itu, Dinas Perhubungan Kabupaten Majalengka juga melakukan pemeriksaan kendaraan angkutan lebaran,

“Pengujian dilakukan sejak beberapa lalu. Di setiap perusahaan dilakukan uji laik jalan agar bus-bus Lebaran memenuhi persyaratan kelayakan jalan,” kata Kadishub Majalengka, Yusanto Wibowo.

Dikatakan dia, seluruh bus yang akan berangkat ke luar kota dari Majalengka, Bus yang tak laik jalan dilarang untuk berangkat karena akan membahayakan penumpang. Uji kelayakan yang dilakukan meliputi persyaratan teknis dari kaca, wiper, lampu dan ban.

Selain itu, pihaknya juga melakukan cek dari administrasi kendaraan seperti pemeriksaan STNK dan buku uji KIR. /abduh

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed