oleh

Jelang Lebaran 2017, Dishub Kab. Cirebon Bersiap Hadapi Musim Mudik

Cirebontrust.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cirebon sudah mulai bersiap menghadapi arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini. Seluruh petugas di Dishub bahkan diberikan pembinaan teknis keselamatan lalu lintas untuk persiapan angkutan lebaran. Dishub Kabupaten Cirebon juga akan melakukan survei titik rawan macet di sejumlah wilayah.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon Abraham Muhammad mengatakan, dalam waktu dekat ini Dishub akan mengunjungi daerah Brebes untuk mengetahui titik kemacetan. Menurutnya hal itu dilakukan untuk mengetahui sampai mana titik kemacetan di jalur pantura.

“Sehingga nanti kami antisipasi dari jalur pantura yang melintasi Kabupaten Cirebon. 70 persen kemacetan mudik bertumpu di Kabupaten Cirebon. Kalau di Cirebon bisa terurai mudah-mudahan tidak ada kemacetan dan kekecelakaan yang begitu banyak terjadi,” kata Abraham, Selasa (16/05).

Selain itu, untuk memperlancar arus dan mengurangi kemacetan, dirinya berharap agar gerban tol Ciledug bisa dibuka.

“Kalau pintu tol Ciledug dibuka saya kira bisa membantu mengurai kemacetan,” kata Abraham.

Abraham menambahkan, pihaknya juga sudah menyiapkan antisipasi dengan adanya beberapa pasar tumpah di jalan pantura. Selain pasar tumpah, pihaknya juga mengantisipasi kemacetan yang sering terjadi di kawasan kuliner Desa Batembat.

“Nanti kita terjunkan personel. Tidak ada lagi nanti yang parkir di bahu jalan,” katanya.

Untuk pasar tumpah, seperti pasar Tegalgubug dan pasar Gebang, Dishub akan menertibkan pedagang dengan melibatkan Satuan Polisi Pamong Praja. Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon, Dadang Suhendar mengatakan, pihaknya juga sudah menyiapkan sarana dan prasarana, diantaranya yakni pemasangan dan penambahan rambu lalu lintas.

“Nanti pedagang yang di pinggir jalan agar masuk ke dalam demi kelancaran arus mudik,” kata Dadang. (Iskandar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed