oleh

Jahari: Potensi Cirebon Ambil Alih Industri Rotan Tiongkok

Citrust.id – Kabupaten Cirebon mempunyai potensi untuk memindahkan Industri Rotan Tiongkok. Hal itu diungkapkan Calon anggota legislatif (Caleg) DPRD Kab. Cirebon, Jahari, Rabu (24/10).

“Sejak tahun lalu, 2017, Pemerintah Indonesia dan Tiongkok tengah menjajaki kemungkinan pemindahan industri mebel rotan di Tiongkok ke Cirebon. Karena kita tahu selama ini Cirebon dikenal sebagai sentra industri mebel rotan di Indonesia,” ungkap caleg dapil kecamatan Dukupuntang, Sumber, Plered, Weru, dan Plumbon ini.

Jahari menambahkan, di Kota Foshan Tiongkok terdapat sentra industri mebel rotan yang bahan bakunya diimpor dari Indonesia. Industri mebel rotan di Tiongkok tumbuh subur saat keran izin ekspor bahan baku rotan dari Indonesia dibuka. Bahkan, karena harga produk rotan dari Tiongkok yang lebih murah, menjadi saingan Indonesia.

“Karenanya, bersamaan dengan larangan ekspor bahan baku rotan dari Indonesia, investor Tiongkok sangat berminat untuk merelokasi pabrik mebel rotannya ke Indonesia,” ujarnya.

“Karenanya momen tersebut menjadi kesempatan industri rotan di Kab. Cirebon kembali berjaya dan bisa bersaing dengan industri bisnis lainnya di Kab. Cirebon,” pungkas Caleg yang pernah menjadi buruh rotan ini./citrust.id

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed