oleh

Jaga Marwah Wartawan, PWI Majalengka Siap Gelar UKW

aitrades

Citrust.id – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Majalengka dalam waktu dekat akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Kabupaten Majalengka.

Kegiatan ini bertujuan untuk menguji dan meningkatkan kualitas kerja wartawan di Kabupaten Majalengka. Ketua PWI Kabupaten Majalengka Jejep Falahul Alam mengatakan, rencana kegiatan UKW ini merupakan program prioritas yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

Apalagi program UKW ini selaras dengan program kerja Dewan Pers dalam meningkatkan kompetensi tugas jurnalis. Terlebih perkembangan zaman yang terus berkembang dengan pesat, tentunya informasi yang disajikan ke masyarakat tidak terlepas dari peran wartawan.

Agar informasi yang beredar ke masyarakat semakin berkualitas dan dapat dipertanggung jawabkan, maka dibutuhkan peningkatan kualitas kerja para wartawannya. Tentunya PWI dalam hal ini berkewajiban meningkatkan kualitas insan pers.

“Saat ini banyak oknum wartawan yang kerap menyalahgunakan profesinya. Dengan dilaksanakanya UKW sebagai bagian upaya sistematis dan terukur dalam menjaga profesionalitas dan marwah profesi wartawan dalam menjalankan tugas dan fungsinya,” katanya, Sabtu (15/09).

Menurut dia, rencana UKW sendiri akan digelar pada akhir tahun 2018 atau paling lama di awal tahun 2019 mendatang. Adapun rencana UKW sendiri akan disiapkan tiga jenjang, yakni muda, madya dan utama.

“Nantinya masing-masing tingkatan akan diuji langsung oleh Dewan Pers. Jadi, nanti wartawan yang ikut, tidak ada jaminan bisa lulus meski sudah bayar
administrasi. Karena hasil ujian itu murni tidak ada permainan,” tegasnya.

Dia menambahkan, saat ini di Kabupaten Majalengka yang telah melaksanakan UKW kurang dari 10 orang. Sedangkan saat ini jumlah wartawan baik media cetak, elektronik, maupun online di Majalengka dari data Protokoler Pemkab Majalengka ada diangka 250 orang.

“Kami sangat berharap jika nanti UKW kami gelar, teman-teman wartawan bisa mengikutinya. Dan tentunya ini harus didukung oleh Pemkab Majalengka untuk memfasilitasi alokasi anggaran dana dalam meringankan biaya pendaftarannya nanti,” tegasnya.

Salah seorang anggota PWI Kabupaten Majalengka Ono Cahyono mendukung program kerja yang akan dilaksanakan PWI Majalengka ke depan. Sebab UKW menjadi tolok ukur dalam menilai kompetensi wartawan dan membedakan dengan wartawan lainnya.

“Saya berharap teman-teman yang belum UKW agar bisa melaksanakannya. Sebab ini harus dijadikan kebutuhan utama, karena kedepan tantangan wartawan sangat besar sekali,” ujarnya. /abduh

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed