oleh

Ini Rekomendasi Bawaslu Soal Kerusakan Kotak Suara

Citrust.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cirebon menyampaikan 3 rekomendasi yang mesti Komisi Pemilihan Umum (KPU) lakukan terkait rusaknya ribuan kotak suara.

Ketua Bawaslu Kabupaten Cirebon, Abdul Khoir mengatakan, rekomendasi pertama, yakni tidak lagi mengunakan gudang milik PT Yusmou karena tidak aman dari rembesan air. Terlebih persis di belakang gudang terdapat selokan air yang sewaktu-waktu bisa meluap.

Kedua, meminta KPU untuk mengganti seluruh kotak suara yang dinyatakan rusak terkena air hujan.

“Kualitasnya tidak lagi sama dan otomatis menurun. Jadi kami minta KPU untuk menganti seluruh kotak suara yang rusak itu,” ujar Khoir,.Selasa (12/2/2019).

Rekomendasi ketiga adalah harus memastikan kotak suara atau logistik lainnya sesuai dengan regulasi yang tertera pada surat edaran KPU RI Nomor 1256/PP.10.5-SD/07/SJ/VIII/2018 tentang pemeliharaan dan inventarisasi logistik pemilu tahun 2019.

“SE itu memastikan standar keamanan, kondisi ketahanan gudang terhadap cuaca, bencana alam, kebakaran, dan lain-lain,” jelas dia.

Khoir menambahkan, jangan sampai urusan-urusan yang berkaitan dengan administratif yang sifatnya urgen seperti kotak suara dikesampingkan.

“Kami berikan keluasan kewenangan kepada KPU untuk menentukan gudang pengganti. Kami berharap KPU melaksanakan rekomendasi ini,” ujarnya. (Dhika)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed