oleh

[INFOGRAFIK] Mengenang Kejayaan PT. British American Tobaccos Cirebon

Citrust.id – Gedung PT. British American Tobaccos Manufaktures (Indonesia) Limited terletak di sisi Selatan perempatan Jl. Pasuketan, Jl. Merdeka, Jl. Yos Sudarso, dan Jl. Sisingamangaraja.

Gedung perusahaan rokok putih ini berdiri di kawasan pertokoan dan perkantoran khas Kampung Pecinan yang secara administratif masuk wilayah Kelurahan Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota

Cirebon.Gedung PT. British American Tobaccos atau yang popular dengan sebutan BAT itu dibangun pada 1924 oleh Biro Arsitek F.D. Cuypers & Hulswit bergaya art deco. Sebagian gedung berlantai dua dan sebelum menjadi BAT merupakan perusahaan rokok SS Michael.

Pada 1930, BAT sudah menjadi pabrik rokok terbesar yang kapasitas produksinya mencapai ± 17,5 juta batang rokok sehari (Memori Residen Cirebon, C.J.A.E.T Hiljee, 3 Juni 2930). Pekerjanya berjumlah 1.700 orang laki-laki dan perempuan.

Tembakau yang digunakan pada masa itu harus diimpor. Untuk menekan impor tembakau, menurut rencana, mereka akan menyuruh rakyat di Onderdistrik Waled dan Ciawigedang untuk menanamnya. Namun rencana tersebut nampaknya urung dilaksanakan./citrust

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed