oleh

[INFOGRAFIK] Gedung Bunder Kebumen Cirebon, dari Pos Jaga hingga Tak Terjaga

Citrust.id – Gedung Bunder Kebumen berada dalam wilayah Kelurahan Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Berdiri di sudut Barat Daya Lapangan Kebumen pada 1920-an di atas lahan yang dulu disebut Kebon Praja.

Berdasar Buku yang berjudul Potensi Wisata Budaya Kota Cirebon, pada masa Hindia-Belanda, gedung ini berfungsi sebagai pos jaga. Pada masa kemerdekaan, Komando Rayon Militer (KOREM) Sunan Gunungjati Cirebon memanfaatkannya untuk kantor radio dan telegraf dan pada 1980-an fungsinya berubah menjadi rumah tinggal seorang staf lembaga kemiliteran itu.

Pada 1990-an, KOREM menyerahkan penguasaan gedung kepada Pemkot Cirebon yang kemudian digunakan untuk sekretariat GAPENSI. Pada 2001 GAPENSI mengembalikannya dan selanjutnya dimanfaatkan untuk sekretariat Unit Pelaksanaan Teknis Daerah Pusat Informasi dan Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon.

Beberapa tahun ke belakang, dinding bangunan tua bersejarah ini menjadi sasaran aksi vandalisme tangan-tangan tak bertanggung jawab. /citrust

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed