oleh

[INFOGRAFIK] 4 Bangunan Sekolah Peninggalan Kolonial di Cirebon

Citrust.id – Cirebon tidak hanya dipadati bangunan pusat perbelanjaan dan swalayan. Jauh sebelumnya, menyimpan banyak gedung-gedung tua sebagai saksi sejarah di masa Kolonial. Salah satunya bangunan sekolah atau lembaga pendidikan yang masih berdiri sampai sekarang. Berikut empat sekolah yang menjadi Bangunan Cagar Budaya (BCB) disarikan dari buku Potensi Wisata Budaya Kota Cirebon.

1. SMP Negeri 1 Kota Cirebon
SMP Negeri 1 Kota Cirebon berada di Jalan Siliwangi, kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon. Berjarak kurang lebih 100 meter sebelah Utara dari Alun-alun Kejaksan.

Menurut catatan Van der Muler—pimpinan pertama sekolah itu, gedung dibangun pada 1925 dengan sebutan Meer Uitgebreid Lager Oderwijs (MULO). Pada awalnya, sekolah ini dikhususkan bagi orang Belanda.

Pada masa pendudukan Jepang, MULO berganti menjadi Chu Bakko (chu= tengah, bakko= sekolah). Bahasa pengantarnya menggunakan Melajoe Oemoem dan bahasa Jepang.

2. SMP Negeri 14 Kota Cirebon
SMP Negeri 14 Kota Cirebon berada di Jalan Kebumen, kelurahan Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

Ketika didirikan pada 1933, gedung ini merupakan sekolah taman kanak-kanak (Frobelschool). Lembaga pendidikan ini merupakan kelas kesiapan untuk anak-anak sebelum masuk ke kelas 1 Europeesch Lagere School (ELS), Hollandsch-Islandsche (HIS), atau Hollandsch-Chineesche School (HCS).

Bahasa yang digunakan adalah bahasa Belanda. Hanya anak-anak Belanda dari keluarga Nasrani serta pembesar pribumi yang dapat masuk sekolah ini.

3. SMP Negeri 15 Kota Cirebon
SMP Negeri 15 Kota Cirebon berada di Jalan Pasuketan, Kampung Talang, kelurahan Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

Berdiri pada 1922 dan penggunaannya berubah-ubah. Pada awal pembangunan digunakan untuk tempat peristirahatan para biksu setelah beraktivitas di Vihara Dewi Welas Asih yang terletak sekitar 100 meter ke arah Tenggara.

Pada 1956 pernah digunakan sebagai poliklinik. Pada 1956-1960 menjadi tempat Sekolah Guru Pendidikan Teknik. Pada 1960-1967 menjadi Sekolah Teknik Menengah Umum. Pada 1967-1985 menjadi Sekolah Teknik Perikanan Laut. Pada 1985-1994 menjadi rumah tinggal guru STM, KPA, dan Sekolah Teknik Perikanan Laut. Mulai 1994-sekarang menjadi SMP Negeri 15 Kota Cirebon.

4. SDN Kebon Baru Utara
SD Negeri Kebon Baru Utara berada di Jalan Veteran, kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon.

Dibangun pada 1912 dan di masa kolonial merupakan bangunan Europeesch Lagere School khusus untuk anak-anak perempuan dari golongan Eropa. Setelah sebelumnya khusus untuk anak-anak Belanda dan pembesar pribumi. Bangunan ini dikelilingi pagar tembok dan pintu berbentuk candi bentar yang dibuat pada 1980-an.

Sejak masa kemerdekaan, SD ini menjadi milik Pemerintah RI dan sekarang merupakan asset Pemerintah Kota Cirebon dan pernah berganti nama berkali-kali./citrust

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed