oleh

Indonesia Merupakan Negara Penghasil Kopi, Cuma Dapatkan 10 Persen

aitrades

Citrust.id – Indonesia merupakan salah satu penghasil Kopi teresar di dunia, sehingga melalui kopi Indonesia mendapatkan pemasukan dari sektor ini. Akan tetapi, sebagai negara penghasil tidak serta merta mendapatkan keutungan yang banyak juga.

“Bahwa produksi kopi di dunia mencapai 24 Miliar dolar AS, dan harga kopi ketika dikonsumsikan mencapai 240 miliar dolas AS. Sedangkan negara penghasil seperti Indonesia, Vietnam, Brasil dan Kolombia cuma mendapatkan 10 persen saja, memang ini tidak adil akan tetapi bila didalami bahwa negara penghasil kopi hanya sebagai pengolah hasil panen menjadi biji,” ujar Menteri Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, saat peluncuran buku peta jalan kopi, Jakarta (26/04/2018) diwartakan Kompas.

Lanjutnya lagi, kita kalah pada sistem produksi dengan menggunakan teknologi maju, posisi negara kita sebagai penghasil kopi yang ke 4 dari negara penghasil lainnya, oleh karenanya kita akan menggerakan kepedulian lebih terhadap kopi yang tepat untuk jenis tertentu sesuai dengan keadaan wilayah Indonesia, “oleh karenanya dengan buku ini merupakan potensi serta tantangan bagaimaa kemudian kebijakan bisa dilakukan untuk perkembangan sebagai penghasil kopi kedepan,” pungkasnya. /sw

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed