oleh

Indonesia Akan Mempunyai Portal Satu Peta di Tahun 2018

Citrust.id – Rencananya pada pertengahan Juni 2018 akan dilaksanakan pengintegrasian semua data pemerintahan dalam kebijakan satu peta, sehingga pada Agustus 2018 Geoportal kebijakan satu peta bisa diresmikan Presiden.

Maksud Geoportal tersebut merupakan satu portal informasi nusantara yang dibangun oleh Badan Informasi Geopasial (BIG), yaitu sebuah data portal kebijakan dalam satu peta yang semuanya berisikan tentang data kompilasi dan integrasi untuk semua wilayah Indonesia, sekitar ada 85 informasi geospasial tematik, 19 K/L, 34 provinsi.

“kita perintahkan setiap kementrian dan lembaga (k/L) daerah maupun pusat agar bisa secepatnya untuk mengitegrasikan semua data dalam kebijakan satu peta pada pertengahan Juni 2018, kebijakan peta atau one map police sangat berguna sebagai bentuk acuan untuk bisa mnyelesaikan konflik tumpang tindih, maupun perizinan dan penggunaan ruang,” ujar Menteri Kordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution (21/03/2018) diwartakan oleh Detik.

Lanjutnya lagi, baik pusat maupun daerah setiap K/L masih menggunakan referensi peta dasarnya masing-masing dalam melakukan setiap kebijakan. Karena perbedaan-perbedaan yang kemudian terjadinya tumpang tindih antara satu institusi dengan isntitusi lainnya, contohnya adalah proyek infrastruktur. Contoh kejadianya saat beberapa waktu lalu terjadi kebocoran pada pipa gas milik PT PGN (Perseri) akibat terkena bor proyek LRT Jabodetabek, kalau kemudian adanya one map policy hal itu bisa terhindarkan. /sw

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed