oleh

H-5, Sebanyak 33.728 Kendaraan Melintas di GT Palimanan

Citrust.id – Kendaraan yang melintas Tol Cipali melalui Gerbang Tol (GT) Palimanan pada H-5 atau Minggu (10/6) hingga pukul 14.00 WIB sebanyak 33.728 kendaraan.

PT Lintas Marga Sedaya (LMS) sebagai pengelola Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) menyebutkan, jumlah tersebut meningkat sebanyak 41.21 persen dibanding Sabtu siang pukul 14.00 WIB yang mencapai 23.885 kendaraan.

Sedangkan rata-rata jumlah kendaraan yang melintas di gerbang exit sebanyak 3.167 kendaraan perjam. Jumlah kumulatif lalu lintas 2018 adalah 18.72 persen lebih tinggi dibandingkan tahun 2017.

General Manager Operasional PT LMS, Suyitno, kemacetan yang terjadi di Rest Area KM 86 diakibatkan banyak pengemudi yang memarkirkan kendaraan di bahu jalan. Untuk mengurai kemacetan, PT LMS telah melakukan contraflow selama dua jam, mulai pukul 9-11 WIB.

“Keputusan memberlakukan contraflow tersebut telah melalui proses koordinasi dengan pos Operasi Ketupat 2018 di Cikopo dan Jasa Marga cabang Jakarta Cikampek,” kata Suyitno.

Dikatakan Suyitno, para pemudik disarankan mengisi BBM di luar Tol Cipali agar tidak terjadi penumpukan di dalam RSA. Gunakan rest area maksimal selama satu jam, cek saldo UE sebelum masuk tol dan secara berkala. Pastikan saldo cukup dan gunakan satu kartu UE untuk satu kendaraan. Pastikan masuk-keluar tapping dengan kartu UE yang sama.

“Para pemudik disarankan tidak berhenti di bahu jalan karena bisa membahayakan diri sendiri maupun pengendara lain,” ujarnya.

Terkait tarif tol, lanjut Suyitno, manajemen PT LMS juga memberikan potongan harga sebesar 10 persen bagi pengendara yang masuk Tol Cipali mulai shift 1 pukul 06.00 WIB. Berlaku mulai 15 Juni 2018 hingga akhir shift 3 pada 17 Juni 2018. Diskon itu berlaku apabila saldo E-Toll mencukupi dan berlaku hanya pada E-Toll card yang telah ditransaksikan pada gardu masuk.

Selain itu, imbuh Suyitno, para pemudik diharapkan memperhatikan hal-hal terkait keselamatan seperti memastikan kendaraan dalam kondisi prima, fokus pada rambu lalu lintas.
Bila perlu pasang aplikasi googlemaps/waze untuk mengetahui posisi. Hubungi info layanan tol Cipali 0260 7600 600 dan follow akun resmi tol Cipali @lintasmarga di Twitter.

“Kami mengimbau para pemudik untuk mengatur waktu perjalanannya dengan memantau lalu lintas di rute yang akan dilalui agar tidak terjebak kemacetan,” pungkasnya. /haris

Info Seminar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed