oleh

Gubernur Jabar Ridwan Kamil Beri Kuliah Umum di Unswagati

Citrust.id – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengisi kuliah umum bertajuk “Membangun Kampus Sebagai Center of Excellence and Inovation Menuju Jabar Juara Lahir Batin” di Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati), Jalan Pemuda, Kota Cirebon, Rabu (14/11).

Emil, sapaan akrab Gubernur Jabar, memaparkan, tahun 2045 nanti adalah 100 tahun atau satu abad Indonesia merdeka. Menurut survey studi di Inggris, pada masa itu Indonesia diprediksi jadi negara terhebat nomor tiga di dunia.

Untuk itu, kata Emil, ada tiga syarat yang harus dipenuhi. Syarat pertama pertama adalah pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak boleh kurang dari lima persen hingga tahun 2045. Saat ini, laju pertumbuhan ekonomi Indonesia di atas lima persen.

Syarat kedua yakni kondisi sosial, politik dan demokrasi Indonesia stabil. Misal, walau beda pilihan politik, tapi masyarakat tidak saling bermusuhan.

Sedangkan syarat ketiga adalah kompetitif. Generasi muda, khususnya mahasiswa, harus senantiasa meningkatkan pengetahuan dan skill.

“Saya akan memperbanyak pemberian beasiswa untuk belajar di dalam maupun luar negeri. Salah satu syarat untuk kompetitif adalah indeks sarjana kita tinggi,” jelas Emil.

Sementara, Rektor Unswagati, Mukarto Siswoyo, mengungkapkan, dirinya merasa bangga karena Unswagati merupakan kampus pertama yang dikunjungi Ridwan Kamil semenjak ia dilantik jadi Gubernur Jabar.

“Sinergitas antara pemerintah dengan akademisi penting dilakukan dalam upaya mendukung dan menjalankan program-program pemerintah,” ujar rektor. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed