oleh

Gempa Bumi Hantam Pantai Selatan Pulau Jawa, Terasa Hingga ke Majalengka

aitrades

Citrust.id – Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah selatan Pulau Jawa, tepatnya di Sukabumi, Jawa Barat. Gempa terjadi beberapa kali sekitar pukul 23.00 WIB.

Hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan, gempa bumi terjadi pada pukul 23.04 WIB dengan kekuatan 4,5 skala richter dengan episenter terletak pada koordinat 7.29 LS dan 106.69 BT, tepatnya pada jarak 48 Km Barat Daya Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 50 km.

“Peta tingkat guncangan BMKG menunjukkan, dampak gempabumi berupa guncangan dirasakan di Wilayah Sukabumi dan sekitarnya,” ujar Joko Siswanto, Kepala BMKG Wilayah II Tangerang Selatan dalam siaran pers tertulis , Jumat(15/12/2017).

Dikatakan dia, berdasarkan laporan masyarakat gempa bumi dirasakan di daerah Jampang dan Surade I SIG-BMKG (I-II MMI). Namun demikian hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan.

Menurut dia, Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi ini merupakan gempabumi kedalaman dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempeng Eurasia yang mengakibatkan deformasi batuan.

“Hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gempabumi susulan. Untuk itu kepada masyarakat di daerah wilayah Sukabumi Jawa Barat dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang,” imbaunya.

Sementara gempa bumi di pantai Selatan Pulau Jawa sampai terasa ke berbagai Kecamatan di wilayah Kabupaten Majalengka.

“Gempa terasa hingga 15 detik, kami mengimbau warga tetap tenang dan belum ada kerusakan,” kata Tata Umi Pamong Desa Mekar Raharja Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka.

Hal senada dikatakan Rizal warga Kelurahan Majalengka Wetan Kecamatan Majalengka Kota yang turut merasakan getaran gempa di pantai selatan Pulau Jawa.

“Kursi hingga meja sampai bergoyang -goyang, cukup kuat terasa getarannya,” ungkap dia. /abduh

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed