oleh

Gajah Bisa Belajar Dengan Cepat, Hanya Dengan Mengarahkan Telunjuk

aitrades

Citrust.id – Gajah mampu mengenali dirinya saat berada dicermin, dan prilaku yang menunjukan hewan ini mempunyai kemampuan sosial dan empati yang hampir sama seperti manusia. Oleh karenanya gajah hidup pada lingkungan yang kompleks dimana dukungan, empati dan bantuan untuk bisa saling membantu bertahan lama, belum lama ini juga ada riset yang menyatakan bahwa gajah bisa memahami intruksi gerak tubuh dengan cepat.

Penelitian ini dilakukan oleh Richard Byrne dan Anna Smet dari Universitas St Andrews yang risetnya diterbitkan dalam jurnal Curent Biology yang menyatakan bahwa Gajah merupakan hewan yang cerdas. Para peneliti ini melakukan survey penelitiannya kepada perilaku 11 gajah yang biasa membawa turis ke wilayah air terjun Victoria di perbatasan zambia dan zimbawie, dan gajah tersebut dilatih denga hanya mematuhi perintah suara tanpa kemudian diajari dengan instruksi yang menggunakan telunjuk.

Menurut Byrne bahwa gajah dapat mengerti spontan dengan apa yang dilakukan seperti menunjuk jari.” Gajah Afrika bisa mengerti secara spontan dengan perintah yang spontan juga, seperti tunjukan jari dan hal itu terjadi tanpa harus dilatih sebelumnya. saya pernah melakukan tes tersebut dengan menepatkan beberapa wadah, dan ketika mengarahkan telunjuk yang benar-benar berisi makanan maka gajah tersebut bisa langsung kearah wadah yang benar,” ujarnya (31/03/2018) diwartakan tempo. /sw

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed