oleh

Dorong Potensi Zakat Kota Cirebon, Yayasan Grage Muslimin Bentuk UPZ

Citrust.id – Potensi zakat di Kota Cirebon amat besar. Namun, realisasinya masih belum optimal. Untuk turut mendorong pengumpulan zakat, Grage Group melalui Yayasan Grage Muslimin melantik Unit Pengumpul Zakat (UPZ), Jumat (11/5) di Ballroom Masjid Hijau, Grage City Mall.

Ketua Yayasan Grage Muslimin, Teguh Triatmodjo, mengatakan, salah satu langkah strategis yang dilakukan Yayasan Grage Muslimin untuk pemberdayaan umat adalah melalui zakat.

Sasaran utama program pengumpulan zakat UPZ Yayasan Grage Muslimin yakni seluruh pimpinan, staf dan karyawan Grage Group. Target selanjutnya adalah para penghuni area komersial Grage City serta mitra kerja, mulai tenan, suplier dan kontraktor.

“Selain itu, ribuan jamaah Masjid Hijau juga jadi target pengumpulan zakat,” katanya.

Dikatakan Teguh, UPZ Yayasan Grage Muslimin akan langsung bekerja. Bahkan, usai pelantikan para pimpinan dan staff Grage Group serta Yayasan Grage Muslimin langsung menyetorkan zakatnya.

“Terkait pengumpulan zakat ini, manajemen Grage Group akan membuat surat keputusan yang nanti dipatuhi unit bisnis di dalamnya,” ujarnya.

Ketua Baznas Kota Cirebon, Dwi Budisatro Novianto, mengungkapkan, Baznas Kota Cirebon mengapresiasi pembentukan UPZ Yayasan Grage Muslimin. Salah satu ujung tombak Baznas adalah UPZ.

Sebelumnya, Baznas Kota Cirebon telah membentuk UPZ di lingkungan pemerintahan. Grage Group merupakan perusahaan atau lini swasta pertama yang membentuk UPZ.

Dwi mengungkapkan, potensi zakat amat besar. Di Kota Cirebon, potensi zakat sebesar Rp100 miliar. Namun, tahun lalu zakat yang terkumpul baru sebesar Rp35 miliar.

“Dengan pembentukan UPZ Yayasan Grage Muslimin ini diharapkan dapat mendorong perusahaan swasta lain untuk membentuk UPZ. Dengan demikian dapat mendorong potensi zakat di Kota Cirebon,” terangnya.

Sementara, Komisaris Grage Group, Dekon Gunawan Boediman, mengatakan, Grage Group mempunyai spirit berbagi bersama mereka yang membutuhkan melalui zakat.

UPZ ini juga salah satu bentuk mewujudkan amanat almarhum ayahandanya, Boediman Kusika, yang selalu ingin berbagi bersama anak yatim dan dhuafa melalui zakat.

“Saya mengimbau kepada seluruh karyawan Grage Group untuk memberikan keteladanan melalui penyaluran zakat,” katanya. /haris

Info Seminar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed