oleh

DKIS Kota Cirebon Tunggu Pilot Project IOT Banjir

Citrust.id – Dinas Komunikasi Informatika dan Statistika (DKIS) Kota Cirebon gandeng Telkomsel dalam pengadaan pilot project Internet Of Things (IOT).

“Sekarang kami tengah menunggu pilot project IOT layanan banjir,” ungkap Iing Daiman, Kepala DKIS Kota Cirebon, Kamis (31/1/2019).

Dijelaskan Iing, apabila terjadi banjir, secara otomatis laporan akan terkoneksi langsung ke layanan command center 112. Setelah itu, notifikasi tersebut akan didistribusikan kembali kepada masyarakat pengguna kartu prabayar Telkomsel melalui SMS Blast.

Dijelaskan Iing, Tidak hanya dalam bentuk peringatan, Pemkot Cirebon melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait akan langsung terjun menangani.

“Insya Allah awal Februari nanti akan kita praktikan sebagai bahan percontohan,” terang dia.

Teknologi IOT diklaim dapat menjadi solusi dalam mendorong perkembangan big data dan penggunaan data center di Kota Cirebon. Teknologi tersebut merupakan inovasi teranyar tentang siaga kebencanaan.

Hingga saat ini layanan 112 sudah sudah menerima berbagai laporan. Paling banyak mengenai kesehatan dan kecelakaan. Meski demikian, diaku Kepala DKIS, command center siap menangani semua laporan yang masuk.

“Ada juga kejadian kemarin PJU mati. Walau tidak darurat tapi tetap kami layani. Kami mencoba sebaik mungkin melakukan pelayanan dasar kepada masyarakat,” pungkasnya. (dhika)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed