oleh

Disbudparpora Beberkan Rekam Sejarah Laksamana Cheng Ho di Cirebon

Citrust.id – Pemkab Cirebon melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) adakan Seminar Internasional Jejak-Jejak Laksamana Cheng Ho di Cirebon.

Seminar tersebut dilaksanakan di Hotel Aston, Jl. Brigjend Dharsono, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Senin (26/11/2018).

Dalam seminar tersebut dihadirkan 4 ahli sejarah terkait sepakterjang Laksamana Cheng Ho semasa hidup, di antaranya Prof. Wan Ming, Prof. Tan Ta Sen, Prof. Dr. Nina H. Lubis, Dr. Rafan S. Hasyim.

“Kami mengundang narasumber dari Singapura, Tiongkok, Guru Besar Unpad, dan dari Cirebon,” ungkap Hartono kepada awak media seusai seminar.

Ada pun tujuan diadakan seminar tersebut, dikatakan Hartono sebagai bentuk pembelajaran bagi generasi muda dalam memperdalam sejarah yang ada di Cirebon khususnya. Salah satu yang terkenal ialah sejarah Laksamana Cheng Ho.

Lebih lanjut Disbudparpora sudah melakukan riset terkait titik-titkk peninggalan Cheng Ho yang ada di wilayah pemerintahannya. Tambah dia, semua titik itu akan direvitalisasi dalam jangka waktu 5-10 tahun ke depan. Hal ini dilakukan guna terciptanya destinasi sejarah baru di Cirebon.

Kadis Disbudparpora itu menuturkan, salah satunya ada di komplek makam Sunan Gunungjati. Di sana, terang dia ada sebuah guci milik Laksamana Cheng Ho.

“Peninggalan guci ini akan kita jadikan destinasi wisata baru. Kita juga akan mengusulkan museum yang ada di alun-alun astana komplek makam kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar bisa dibuka aksesnya untuk umum,” tambah Hartono.

Selanjutnya, klenteng-klenteng yang ada di Kabupaten Cirebon juga akan di data oleh Disbudparpora, mana yang tertua. Ditambah lagi, situs-situs seperti yang ada di Desa Sirnabaya, dulunya Desa Singapura, Kecamatan Gunungjati akan direvitalisasi menjadi destinasi wisata ziarah dan sejarah.

“Insya Allah akan mulai di tahun 2020 setelah adanya Rancana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) baru. Nanti kita juga akan menanggalkan kegiatan-kegiatan yang ada hubungannya dengan perjalanan Cheng Ho,” tandas dia./dhika

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed