oleh

Damkar Kota Cirebon Terus Tingkatkan Kekuatan dan Keterampilan

Citrust.id – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cirebon memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-100 Damkar dengan mengikuti upacara bersama sekaligus peringatan HUT Satpol PP ke-69 dan Sat-Linmas ke-57 di Lapangan Pataraksa, Sumber, Kabupaten Cirebon, Selasa (12/3/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri Wali Kota Cirebon Drs. H. Nashrudin Azis, SH, Kepala Dinas Damkar Kota Cirebon Drs. Adam Nuridin, MM, beserta kepala daerah dan Kadis Damkar dari Kabupaten Cirebon, Kuningan, Indramayu, Majalengka, dan Brebes.

Pada kesempatan itu, dilakukan penandatanganan MoU yang dilakukan kepala daerah Ciayumajakuning dan Brebes terkait pencegahan dan penanggulangan kebakaran serta penyelamatan.

Usai upacara, Wali Kota Cirebon Drs. H. Nashrudin Azis, SH, mengatakan, melalui momentum hari jadi ke-100, ia berharap Damkar melakukan pengabdian dengan lebih baik.

Dikatakan Azis, dalam program lima tahun ke depan, Pemerintah Daerah Kota Cirebon akan terus berupaya memperkuat Damkar

Peran Damkar amat penting karena bersentuhan langsung dengan masyarakat. Untuk itu, setiap regu hendaknya ada anggota yang terlatih. Sebagai pengendali regu, ketua regu harus mendapatkan pelatihan khusus

“Damkar punya tugas yang berat yang berkaitan dengan nyawa dan keselamatan. Pemda Kota Cirebon siap mendukung Damkar,” tegas Azis.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Damkar Kota Cirebon Drs. Adam Nuridin, MM, mengutarakan, sebelumnya, ia beserta jajaran Damkar Kota Cirebon mengikuti upacara peringatan HUT Damkar, Satpol PP, dan Sat-Linmas tingkat nasional di Pekanbaru, Riau, pada 6 Maret 2019. Kegiatan itu dipimpin Mendagri Tjahjo Kumolo.

“Pada peringatan hari jadi kali ini, Damkar Kota Cirebon berhasil meraih Juara 2 Kompetisi Keterampilan (Skill Competition) Pemadam Kebakaran Tingkat Ciayumajakuning dan Brebes,” katanya.

Adam menjelaskan, Damkar bertugas melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan, dan penanganan bahan berbahaya beracun kebakaran.

Damkar juga bertugas melakukan inspeksi dan investigasi kejadian kebakaran, pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran serta penyelamatan dalam kondisi yang membahayakan manusia.

“Saat ini, kami dilengkapi tujuh unit armada pemadam kebakaran. Insya Allah, bulan depan bertambah dua. Kekuatan personel kami pun mumpuni. Setiap hari, ada 80 personel Damkar Kota Cirebon yang siap siaga membantu masyarakat,” terangnya.

Terkait kerja sama Damkar lintas daerah, Adam mengatakan, kerja sama itu penting dilakukan. Damkar antarwilayah bisa saling membantu jika terjadi musibah kebakaran,

“Jika terjadi kebakaran di salah satu daerah, Damkar yang terdekat bisa membantu,” pungkasnya. (Haris/Adv.)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed