oleh

Cuaca Ekstrem Hantui Cirebon dan Sekitarnya

Citrust.id – Kabag Operasional Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Jatiwangi, Ahmad Faa Iziyn, mengatakan, selama periode Desember 2018 hingga April 2019, diprediksi cuaca dalam kondisi ekstrem yang dipicu awan Cumulonimbus.

Awan tersebut dapat berpotensi mengakibatkan angin puting beliung. Masyarakat harap mewaspadai terjadinya angin puting beliung di masa peralihan musim.

“Puting beliung ada potensi karena ini sudah masuk musim hujan. Puting beliung berasal dari awan-awan hujan yang berwarna hitam yang biasa dinamakan awan Cumulonimbus,” katanya, Minggu (30/12/2018).

Pria yang akrab disapa Faiz itu menjelaskan, potensi bencana puting beliung dapat dilihat sehari sebelumnya. Ciri-cirinya udara terasa panas dan pengap serta terjadi gumpalan awan vertikal berwarna hitam gelap. Pertumbuhannya pun cepat sehingga membentuk awan bernama Cumoulonimbus.

Faiz menambahkan, selain itu, bencana lain seperti banjir, longsor, dan pergerakan tanah mengancam wilayah Cirebon dan sekitarnya.

“Masyarakat kami imbau untuk siap siaga menghadapi semua itu,” katanya./dhika

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed