oleh

Cirebon Carnival Diharapkan Bisa Mengangkat Wisata Kabupaten Cirebon

Cirebontrust.com – Pelaksanaan Festival Cirebon Carnival yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Cirebon, diharapkan bisa mengangkat sejarah Cirebon. Selain itu Cirebon Carnival atau Cirebon Karnaval juga diharapkan meningkatkan sektor wisata di Kabupaten Cirebon.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cirebon, H. Hartono mengatakan masyarakat Kabupaten Cirebon diharapkan bisa lebih mandiri dalam hal kesenian.

“Masyarakat Cirebon khsusunya di Kabupaten Cirebon untuk bersiap mandiri jangan kalah dengan daerah lainya dalam hal pariwisata. Kita punya banyak tradisi dan budaya, satu per satu kita angkat,” kata Hartono, Minggu (14/05).

Pada edisi sebelumnya Pemkab Cirebon menyelenggarakan hal serupa namun dalam konsep tema dan berbeda. Dua tahun sebelumnya Cirebon Karnaval diselenggarakan dengan tema Mega Mendung dan Tari Topeng. Pada tahun ini Cirebon Karnaval diselenggarakan dengan tema Magnificent Paksinagaliman.

Hartono membeberkan alasan memakain tema Paksinagaliman. Menurutnya tema tersebut bukan lagi menjadi spirit lokal tetapi sebagai identitas kultur Cirebon.

“Ini memang sesuai dengan visi Kabupaten Cirebon yang ingin mewujudkan Cirebon yang agamis. Paksinagaliman adalah sebuah artefak yang berbentuk kereta mengandung makna luar biasa paksi dunia atas naga dunia tengah dan gajah dunia bawah. Salah satu nya naga, didalamya terkandung makna kita semua harus bisa menguasai nafsu,” katanya.

Sementara itu Bupati Cirebon H. Sunjaya Purwadisastra mengharapkan Cirebon Karnaval yang akan datang bisa lebih menarik wisatawan.

“Saya bangga banyak pemuda yang masih ingin melestarikan seni dan budaya Cirebon. Kedepan kita ingin minimalnya seperti Bali dan Jember. Pemkab siap mendukung anggaranya,” kata Sunjaya. (Iskandar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed