oleh

Cara Unik Nelayan Bungko Kidul Melaut

aitrades

Citrust.id – Untuk menunjang hasil tangkapanya nelayan Bungko Kidul gunakan obor sebagai alat pancing agar udang-udang berkumpul, sehingga memudahkan untuk menangkapnya

Hal ini dilakukan karna kebiasaan nelayan Bungko Kidul dalam berlayar dilaut bukan untuk menangkap ikan melainkan untuk menangkap udang.

Dengan menggunakan obor dirinya bisa mendapatkan tangkapan sekira 50 kwintal dalam sekali tangkapan.

Seperti penuturan salah seorang nelayan Bungko Kidul, Kapetakan Cirebon, sebut saja Mustara (67), “kalau nelayan sini seringnya menjaring udang bukan ikan, dan di musim timur seperti ini kita pakai obor, dapatnya lumayan bisa nyampe 50 kintal.”Jum’at (13/04), terangnya.

Adapun obor adalah suatu lampu yang diletakan di dalam cangkang berbahan kaca yang membentuk cembung, kemudian obor tersebut diletakan diatas kapal ditopang dengan sebatang kayu atau sejenisnya yang menjulang tinggi.

Mustara juga menambahkan kalau Harga obor sendiri kisaran 700 ribu, akan tetapi kalau membuat sendiri akan lebih murah skitar 50-70 ribu. Namun kelemahan dari memakai obor sendiri menurutnya hanya bisa melaut selama seminggu dari tanggal 27-10 setiap bulanya karna menunggu redupnya rembulan. /314

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed