oleh

Candi Borobudur Dibersihkan Akibat Material Abu Letusan Gunung Merapi

Citrust.id – Candi Borobodur terkena material abu di tubuh candi yang diakibatkan karena hujan abu hasil letusan Gunung Merapi yang turun disebagian wilayah Magelang, dengan menggunakan mesin vacum cleaner para petugas Balai Konservasi Borobudur (BKB) langsung melakukan pembersihan materuial abu tersebut yang mengenai di tubuh candi karena dapat merusak struktur batuan candi.

“Hujan abu tipis dari letusan gunung merapi meterial abunya menyelimuti sekujur tubuh Candi Borobudur, oleh karenanya kami bersama para petugas Balai Konservasi Borobudur melakukan pembersihan agar kemudian tidak merusak struktur batu candi sehingga perlu segera dibersihkan dengan menggunakan penyedot debu atau vacuum cleaner. Kordinasi antara PT TWCB dan BKB terus melakukan pemeriksaan sekaligus pembersihan, adapun untuk para wisatawan mancanegara dan wisatwan lokal tidak terpengaruhi atau tidak berdampak terhadap kunjungannya ke Candi Brobudur,” ujar I Gisti Putu Nugraha Sendana, General Manager PT TWCB (24/05/2018) diwartakan Tribun.

Sebelumnya di ketahui, diwartakan Tempo bahwa Gunung Merapi kembali mengalami letusan freatik pada Kamis dinihari, 24 Mei 2018. Letusan itu terjadi pada pukul 02.56 WIB. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta mencatat ketinggian kolom atau asap letusan Gunung Merapi meningkat tajam menjadi 6.000 meter. Ini adalah letusan freatik ketiga setelah status gunung ini ditetapkan menjadi waspada. /sw

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed